Kompas.com - 17/06/2022, 13:05 WIB

 

KOMPAS.com - Orangtua dan siswa yang mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Tengah 2022 jenjang SMA dan SMK, harus memperhatikan cara memilih sekolah

Sebab, antara pendaftar jenjang SMA dan SMK berbeda caranya. Untuk SMA, bisa mendaftar di dua sekolah namun dengan catatan, bagi pendaftar jalur zonasi harus memilih satu sekolah harus berada di zonasi, satunya di luar zonasi. 

Begitu juga terkait aturan mengenai cara memilih sekolah bagi jalur afirmasi, prestasi, dan jalur lainnya. 

Siswa SMK, bisa memilih 3 jurusan yang disuka maksimal di dua sekolah. Bahkan, jika salah memilih sekolah dan jalur masuk pun masih bisa diubah selama PPDB berlangsung. 

Bagaimana cara memilih sekolah dan mengganti pilihan sekolah atau jurusan? Berikut caranya. 

Baca juga: 15 SMA Terbaik di Jawa Tengah dan Jawa Barat Berdasar Nilai UTBK 2021

Cara memilih sekolah  di PPDB Jateng 2022 Jenjang SMA dan SMK

SMA Negeri

1. Calon Peserta Didik memiliki hak melakukan pendaftaran pada dua Satuan Pendidikan pilihannya dengan ketentuan satu Satuan Pendidikan di dalam wilayah zonasinya, dan satu Satuan Pendidikan di luar wilayah zonasinya, dengan ketentuan :

  • Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mendaftarkan diri pada satu Satuan Pendidikan melalui jalur zonasi, dan satu Satuan Pendidikan di luar zonasi pada jalur prestasi/afirmasi.
  • Calon Peserta Didik yang mendaftar melalui jalur prestasi di dalam wilayah zonasi, tidak dapat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, dan dapat mendaftar melalui jalur afirmasi di luar wilayah zonasi apabila memenuhi persyaratan pada jalur afirmasi.
  • Calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi di wilayah zonasi tidak dapat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi dan dapat mendaftar melalui jalur prestasi di luar wilayah zonasi apabila memenuhi persyaratan.

2. Calon Peserta Didik SMA Negeri dapat mengubah pilihan Satuan Pendidikan dan jalur selama masa pendaftaran, kecuali Jalur Perpindahan Orangtua/Wali

Baca juga: KBRI Berlin: Lulusan SMK Kini Bisa Lanjutkan Kuliah S1 di Jerman

SMK Negeri

1. Calon Peserta Didik SMK dapat mendaftarkan diri pada tiga pilihan kompetensi keahlian pada sebanyak-banyaknya dua Satuan Pendidikan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.