Kompas.com - 28/05/2022, 00:12 WIB

KOMPAS.com - Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Nurjanah menyampaikan lima pilar fondasi pendidikan matematika yang baik sesuai National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) atau Dewan Nasional Guru Matematika.

“Pertama, keadilan. Keunggulan dalam pendidikan matematika membutuhkan kesetaraan, harapan tinggi dan dukungan yang kuat untuk semua siswa dalam menerima pendidikan,” ucap Nurjanah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menyampaikan pidato tentang “Implementasi Information Communication Technology (ICT) dalam Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0.” dalam acara pengukuhan guru besar secara resmi oleh Rektor UPI di Kampus UPI pada Kamis, (19/5/2022).

Pilar kedua, kata Nurjanah adalah kurikulum. Kurikulum dipandang lebih dari sekedar kumpulan dokumen atau rencana kegiatan.

Baca juga: Guru Besar UPI Minta Kurikulum Pendidikan Manajemen Perkantoran Tekankan “Literacy Skills”

“Kurikulum yang baik harus koheren, fokus tersistematis, terkait pada peningkatan keterampilan matematis, dan dapat disajikan secara aplikatif di dalam pembelajaran,” jelasnya.

Ketiga, lanjut Nurjanah, proses pembelajaran. Siswa harus belajar matematika dengan pemahaman yang komprehensif, aktif membangun pengetahuan baru dari pengalaman serta pengetahuan sebelumnya.

Pilar keempat adalah penilaian. Penilaian harus mendukung pembelajaran matematika yang penting dan memberikan informasi berguna sebagai umpan balik untuk perbaikan bagi guru dan siswa.

“Terakhir, yaitu teknologi yang sangat penting dalam menunjang pembelajaran matematika khususnya di era saat ini,” ujar Nurjanah.

Peran integrasi teknologi

Pada kesempatan itu, Nurjanah menjelaskan bahwa peran integrasi teknologi dalam pelbagai bidang kehidupan terus meningkat seiring dengan hadirnya revolusi industri 4.0.

“Saat ini, tidak seperti sebelumnya, perubahan teknologi secara pesat menuntut keunggulan pendidikan dan inovasi sistem di sekolah dalam merespons dunia yang terus berubah dengan lebih baik,” ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.