Kompas.com - 27/05/2022, 19:06 WIB

KOMPAS.com – Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Ade Sobandi menyatakan bahwa kurikulum pendidikan manajemen perkantoran perlu mengakomodasi penguatan keterampilan abad ke-21.

Untuk itu, kata dia, kurikulum pendidikan manajemen perkantora perlu untuk menekankan pada digital literacy skills, yaitu information literacy, media literacy, dan technology literacy (MIT).

Ade mengatakan, bahwa dalam pendidikan manajemen perkantoran perlu dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi.

“Agar optimal, perlu untuk mengadopsi konsep education 4.0, revolusi industri 4.0, dan masyarakat 5.0 atau society 5.0,” kata Ade dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5/2022).

Hal tersebut dikatakan Ade Sobandi saat menyampaikan pidato pemikirannya mengenai Pengelolaan dan Implementasi education 4.0 di Pendidikan Tinggi dalam peningkatan mutu pendidikan manajemen perkantoran di Kampus UPI, Rabu (18/5/2022).

Pidato tersebut disampaikan Ade Sobandi dalam rangka pengukuhan dirinya secara resmi sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Pendidikan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) oleh Rektor UPI, di Kampung UPI.

Baca juga: Dukung Pemajuan Pendidikan, Eduversal Gelar Program Pengembangan Kecakapan Mengajar

Ade Sobandi mengatakan perkembangan manajemen perkantoran tidak pernah lepas dari perkembangan ilmu manajemen, mulai dari hal yang klasik, modern, dan postmodern.

Manajemen perkantoran tidak hanya sebatas menangani pekerjaan teknis atau ketatausahaan semata. Ini karena, manajemen perkantoran dapat diartikan sebagai bagian dari organisasi yang terlibat dalam menjalankan semua fungsi manajemen,” ucap Ade.

Adapun fungsi manajemen, seperti perencanaan, pengambilan kebijakan, kegiatan organisasi, koordinasi, dan komunikasi, kata Ade Sobandi adalah untuk mencapai tujuan organisasi.

Lebih lanjut, Ade mengatakan bahwa tujuan akhir dari manajemen perkantoran yang adalah kinerja yang efisien dan efektif dari organisasi secara keseluruhan yang berfokus pada adaptasi perubahan teknologi informasi dan komunikasi digital.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.