Kompas.com - 24/05/2022, 21:24 WIB

KOMPAS.com - Penerima beasiswa atau awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menggelar proyek sosial "Kebun Laut Lestari untuk Keberlanjutan Kehidupan" pada 14-15 Mei 2022 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Proyek sosial dari peserta Persiapan Keberangkatan (PK) angkatan 181 Bhumi Amerta LPDP ini melakukan pemberdayaan masyarakat dan penananaman koral serta mengadakan webinar bertema "Penanggulangan Sampah Laut" pada 21 Mei 2022.

"Tema keberlanjutan yang diangkat LPDP PK181 selaras dengan target Indonesia bebas emisi karbon di 2060. Sebuah tantangan yang tidak mudah karena untuk menjaga terumbu karang saja harus sistematis dan berkelanjutan," ungkap Muhammad Oriza, Direktur Investasi LPDP melalui rilis resmi (19/5/2022).

"Saya berharap kegiatan sosial ini terus dijaga keberlanjutannya, sinergi dan dampaknya untuk masyarakat. Karena pengabdian para awardee beasiswa LPDP ini bukan hanya saat menjalani pendidikan, namun seumur hidup," tambah Oriza.

Pemberdayaan masyarakat lokal

Oriza menyampaikan pemberdayaan masyarakat lokal yang dilakukan pada 14 Mei 2022 meliputi; pelatihan Bahasa Inggris untuk pariwisata, workshop manajemen organisasi, literasi dan pengelolaan keuangan, serta workshop digital marketing berbasis smartphone.

Pelatihan ditujukan kepada Smiling Coral Indonesia (SCI) bersama tujuh kelompok masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup kelautan. Kegiatan peningkatan kapasitas tersebut dipilih karena merupakan temuan yang sifatnya bottom up dari masyarakat.

Kemudian di hari Minggu 15 Mei 2022, kegiatan dilanjutkan dengan transplantasi karang dan pembersihan sampah di area pantai dan laut sekitar Pulau Pramuka sebagai bagian kecil dari upaya penyelamatan lingkungan.

Kegiatan ini di antaranya dilatarbelakangi tingkat kerusakan terumbu karang di DKI Jakarta yang mencapai 40,88 persen (BPS, 2021).

Baca juga: Beasiswa LPDP Tahap II Bakal Dibuka, Cek Syarat, Ketentuan dan Jadwal

Kegiatan Proyek Sosial PK Angkatan 181 Bhumi Amerta yang dilaksanakan pada 14–15 Mei 2022 ini, dihadiri 27 orang perwakilan Angkatan 181 beserta 18 orang dari tim LPDP.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan Kegiatan Proyek Sosial yang dihadiri dan dibuka langsung secara luring oleh Direktur Investasi LPDP, Muhammad Oriza.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.