Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus UNS Dorong Mahasiswa Lebih Banyak Gapai Beasiswa LPDP

Kompas.com - 07/03/2022, 13:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah dibuka sejak 28 Februari 2022.

Peluang untuk melanjutkan studi di jenjang magister dan doktoral, baik di dalam maupun luar negeri terbuka lebar untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kasus Kopi Kemasan Ilegal, Ini Kata Pakar UNS

Masih banyaknya celah yang bisa didapatkan mahasiswa Indonesia dalam menggapai beasiswa LPDP, hal itu membuat Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Ahmad Yunus memberikan pesan ke mahasiswanya.

Pesan yang disampaikan Prof. Yunus dalam acara sharing session yang diadakan Ikatan Penerima Beasiswa LPDP UNS pada Sabtu (5/3/2022).

Prof. Yunus berharap peluang ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa UNS.

Saat ini jumlah mahasiswa atau lulusan UNS yang mendapatkan beasiswa ini masih sedikit.

Dari 40 ribu mahasiswa UNS, penerima beasiswa LPDP hanya berjumlah ratusan.

Oleh karena itu, Prof. Yunus menargetkan untuk meningkatkan jumlah partisipasi serta penerima beasiswa LPDP bagi lulusan UNS.

"Mahasiswa UNS ada sekitar 40 ribu, tapi kalau kita cek lebih lanjut yang mendapatkan beasiswa LPDP masih sangat kecil. Oleh karena itu, kemarin kami matur ke pak Dwi Larso (Direktur Beasiswa LPDP) untuk memberikan sosialisasi ke mahasiswa UNS dan dosen," ucap dia melansir laman UNS, Senin (7/3/2022).

Baca juga: SNMPTN 2022 Ditutup, Ini 15 PTN Penerima Terbanyak Peserta di 2021

Langkah Ikatan Penerima Beasiswa LPDP UNS dalam menyelenggarakan Sharing Session diapresiasi oleh Prof. Yunus.

Dia menginginkan acara tersebut juga turut dapat membantu meningkatkan motivasi mahasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Ketua Panitia Sharing Session, Desi Fitri Yani menyebut, acara ini ditujukan untuk menyosialisasikan persyaratan beasiswa LPDP.

Selain itu, sharing session ini juga sebagai ajang bertukar pengalaman terkait dengan seleksi beasiswa LPDP.

"Acara ini bertujuan untuk mengenalkan atau menyosialisasikan beasiswa LPDP terkait seleksi apa saja yang harus dipersiapkan serta motivasi mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," tegas dia.

Ketua Ikatan Penerima Beasiswa LPDP UNS, Dimas Fahrudin menambahkan, acara ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh pihaknya.

Setelah ini, Dimas dan pengurus akan memberikan mentoring bagi para peserta yang tertarik mendaftar beasiswa LPDP.

Baca juga: Beasiswa Kedokteran di 6 PTN dan PTS, Simak Persyaratannya

"Ini merupakan rangkaian kegiatan. Pertama, sharing session, kemudian mentoring. Kami akan mendampingi peserta hingga tahap wawancara," tukas Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com