Kompas.com - 24/05/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah secara resmi mencabut aturan wajib tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam dan luar negeri yang sudah mendapat vaksinasi lengkap Covid-19.

Aturan tersebut berlaku efektif mulai Rabu 18 Mei 2022. Menanggapi hal tersebut, Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Laura Navika Yamani ungkap alasannya.

Ia mengungkapkan dua alasan yang membuat aturan tes Covid-19 untuk pelaku perjalanan dicabut oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga: 5 Alasan Pasangan Selingkuh, Ini Penjelasan Sosiolog Unair

Covid-19 sudah terkendali

Laura mengatakan perkembangan Covid-19 yang terjadi di Indonesia sudah terkendali.

Hal itu dapat dilihat dari data pantauan Covid-19 yang menunjukkan Rate of Transmission (RT) Covid-19 di Indonesia kurang dari satu.

“Memang kasus Covidnya sudah bisa dikatakan terkendali karena RT, Rate of transmission, dari Covid ini kurang dari satu. Jadi untuk penyakit menular ketika RT kurang dari satu maka tingkat penularannya bisa dikatakan nol, artinya tidak terjadi penyebaran,” kata Laura dilansir dari laman Unair.

Tidak hanya itu, Laura juga mengatakan jika RT menunjukkan hasil satu, maka satu orang pengidap Covid-19 dapat menularkan kepada satu orang lainnya.

Selain itu jika RT di bawah satu dapat diasumsikan bahwa penularan itu tidak ada sehingga kasus Covid-19 tidak akan melonjak secara signifikan.

Berdasarkan laporan laman resmi satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19, pelacakan kasus Covid-19 di Indonesia sudah sesuai standar dengan ketentuan WHO.

Baca juga: Mahasiswa Unair Raih Medali Emas di Ajang SEA Games

Yakni, satu orang diperiksa per 1.000 penduduk per minggu. Dari hasil pemeriksaan tersebut, terbukti positivity rate atau persentase kasus positif yang ditemukan pada sejumlah orang yang diperiksa terus mengalami penurunan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.