Kompas.com - 23/05/2022, 12:43 WIB

KOMPAS.com - Pelajaran matematika atau pelajaran berhitung bisa memberikan tantangan sendiri, baik bagi anak maupun orangtua dalam mengajarkannya.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Pusat Studi Internasional TIMSS di Boston College Amerika Serikat, dalam publikasinya yang berjudul Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 International Result in Mathematics, terdapat 27 persen anak Indonesia yang duduk di bangku kelas 4 SD belum memiliki pengetahuan dasar yang cukup mengenai logika dan matematika.

Membiasakan anak berhitung dan memecahkan masalah matematika sejak berusia dini bisa menjadi langkah awal membiasakan anak dengan kegiatan berhitung sehingga lebih akrab dengan matematika.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Namun, di era perkembangan teknologi informasi yang maju dengan begitu pesat ini, banyak anak-anak yang justru sibuk bermain game online dan malah mengabaikan kegiatan lainnya.

Padahal, bila gadget dimanfaatkan dengan maksimal, ada banyak sekali aplikasi berbentuk game yang bisa membantu anak untuk berhitung dan mengerjakan operasi bilangan.

Berikut beberapa aplikasi belajar menghitung yang menyenangkan untuk anak dirangkum dari laman Zenius Education:

1. Endless Numbers

Aplikasi game online gratis belajar berhitung untuk anak yang pertama adalah Endless Numbers. Aplikasi yang sudah di-download oleh lebih dari 500 ribu orang ini diklaim cocok untuk anak berusia 3 hingga 8 tahun.

Berbeda dengan game belajar berhitung lain yang umumnya memiliki animasi hewan-hewan lucu, Endless Numbers justru menggunakan animasi dengan karakter monster yang menggemaskan.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Lewat aplikasi tersebut, anak dapat belajar mengurutkan bilangan sebanyak mungkin. Selain itu, mereka juga akan diberi tantangan berupa operasi hitung penjumlahan maupun pengurangan.

Game belajar berhitung yang satu ini juga tidak dilengkapi skor, kompetisi dengan pemain lain, atau kata “game over” ketika kita salah memasukkan jawaban. Jadi, anak-anak bisa lebih santai ketika menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.