Kompas.com - 22/05/2022, 06:27 WIB
|

KOMPAS.com - Tak lama lagi, Universitas Gadjah Mada (UGM) bakal memiliki kawasan kerohanian. Ini karena proses pembangunannya telah dimulai yang ditandai dengan peletakan batu pertama, Sabtu (21/5/2022).

Adapun di kawasan kerohanian itu dibangun sejumlah bangunan untuk mewadahi kegiatan kerohanian oleh civitas UGM beragama Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Tak hanya itu saja, yang paling penting ialah kawasan ini juga dibangun sebagai simbol toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

Baca juga: Prof. Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor Baru, Warga UGM Menaruh Harapan Ini

Menurut Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, kawasan in akan menjadi simbol bagi anak didik terkait toleransi dan kerukunan umat beragama.

"Terlebih lagi jika bangunan yang berdiri nantinya juga diisi dengan aktivitas-aktivitas yang positif," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM.

Komitmen merawat keberagaman

Dikatakan, kawasan kerohanian berlokasi di lingkungan Kampus UGM, tepatnya di Kompleks Perumahan Sekip Blok N seluas 4.789 meter persegi.

Proses perencanaan kawasan ini melibatkan dosen dari berbagai perwakilan kelompok agama sebagai Tim Perumus.

Pembangunan fasilitas rohani untuk beberapa kelompok agama di lingkungan kampus UGM menjadi salah satu prioritas sebagai bentuk komitmen UGM dalam merawat keberagaman dan toleransi.

Baca juga: Ini Kiprah dan Program Kerja Rektor UGM 2022 Prof. Ova Emilia

Selain itu, pembangunan kawasan kerohanian ini berkaitan dengan jati diri Universitas Gadjah Mada adalah sebagai universitas Pancasila.

Universitas Gadjah Mada sebagai sebuah institusi pendidikan yang terbuka, mempunyai civitas dengan beragam latar belakang suku, agama, bahkan kebangsaan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.