Kompas.com - 21/05/2022, 14:58 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu rumpun ilmu yakni IPS punya cakupan luas untuk masa depan. Ada banyak profesi beken yang cocok bagi siswa jurusan IPS.

Ini karena rumpun IPS atau sosial dan humaniora (soshum) kian beragam seiring dengan semakin variatifnya jenis pekerjaan yang ada di dunia ini.

Apakah kamu anak IPS dan sudah punya cita-cita untuk masa depanmu? Apakah sudah menentukan pilihan karirnya?

Baca juga: Desain Feri Tim ITS Juara I di Kompetisi Tingkat Internasional

Melansir laman Quipper Campus, Rabu (18/5/2022), berikut ini 7 profesi yang cocok untuk jurusan IPS:

Profesi untuk jurusan IPS

1. Psikolog

Salah satu profesi yang banyak peninatnya ialah menjadi seorang psikolog. Jika kamu tertarik, maka selepas SMA daftarkan diri ke Fakultas Psikologi dan selesaikan kuliah S1 terlebih dahulu untuk meraih gelar Sarjana Psikologi.

Setelah itu kamu melanjutkan pendidikan program profesi yang setara dengan S2 di Fakultas Psikologi. Nantinya, kamu bisa memilih jenis konsentrasi keilmuan yang sesuai dengan minatmu seperti Psikolog Anak, Industri, Klinis atau Perkembangan.

Sebagai psikolog kamu harus mempunyai kemampuan untuk mendengarkan orang lain, peka terhadap perasaan orang lain serta rasa empati. Psikolog profesional yang melayani konsultasi biasanya akan menerima pembayaran per jam ataupun sesuai dengan kontrak yang dibuat bersama klien.

2. Pengacara

Salah satu profesi yang sangat populer di kalangan masyarakat terutama para artis, selebritis, politikus dan orang-orang terkenal lainnya ialah pengacara.

Kamu pastinya sudah bisa menduga kalau bayaran atau gaji untuk seorang pengacara tidaklah murah apalagi jika menangani kasus-kasus berat.

Baca juga: 15 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Namun, untuk menjadi pengacara kamu harus menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hukum kemudian dilanjutkan dengan kuliah profesi. Kamu dapat memilih konsentrasi atau bidang keilmuan yang disukai apakah Hukum Pidana atau Hukum Perdata.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.