Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 14:58 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu rumpun ilmu yakni IPS punya cakupan luas untuk masa depan. Ada banyak profesi beken yang cocok bagi siswa jurusan IPS.

Ini karena rumpun IPS atau sosial dan humaniora (soshum) kian beragam seiring dengan semakin variatifnya jenis pekerjaan yang ada di dunia ini.

Apakah kamu anak IPS dan sudah punya cita-cita untuk masa depanmu? Apakah sudah menentukan pilihan karirnya?

Baca juga: Desain Feri Tim ITS Juara I di Kompetisi Tingkat Internasional

Melansir laman Quipper Campus, Rabu (18/5/2022), berikut ini 7 profesi yang cocok untuk jurusan IPS:

Profesi untuk jurusan IPS

1. Psikolog

Salah satu profesi yang banyak peninatnya ialah menjadi seorang psikolog. Jika kamu tertarik, maka selepas SMA daftarkan diri ke Fakultas Psikologi dan selesaikan kuliah S1 terlebih dahulu untuk meraih gelar Sarjana Psikologi.

Setelah itu kamu melanjutkan pendidikan program profesi yang setara dengan S2 di Fakultas Psikologi. Nantinya, kamu bisa memilih jenis konsentrasi keilmuan yang sesuai dengan minatmu seperti Psikolog Anak, Industri, Klinis atau Perkembangan.

Sebagai psikolog kamu harus mempunyai kemampuan untuk mendengarkan orang lain, peka terhadap perasaan orang lain serta rasa empati. Psikolog profesional yang melayani konsultasi biasanya akan menerima pembayaran per jam ataupun sesuai dengan kontrak yang dibuat bersama klien.

2. Pengacara

Salah satu profesi yang sangat populer di kalangan masyarakat terutama para artis, selebritis, politikus dan orang-orang terkenal lainnya ialah pengacara.

Kamu pastinya sudah bisa menduga kalau bayaran atau gaji untuk seorang pengacara tidaklah murah apalagi jika menangani kasus-kasus berat.

Baca juga: 15 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Namun, untuk menjadi pengacara kamu harus menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hukum kemudian dilanjutkan dengan kuliah profesi. Kamu dapat memilih konsentrasi atau bidang keilmuan yang disukai apakah Hukum Pidana atau Hukum Perdata.

3. Akuntan

Jika kamu bercita-cita menjadi akuntan, maka kamu harus masuk universitas Jurusan Ekonomi Akuntansi. Setelah lulus kuliah S1, kamu bisa menambah keahlian dengan mengambil kuliah profesi akuntan, yang biasanya selesai dalam 2 semester.

Sebagai anak IPS pastinya kamu sudah cukup akrab dengan pelajaran Akuntansi dan ini menjadi bekal yang bagus untuk langkah kamu selanjutnya.

Setelah berprofesi sebagai akuntan, kamu bisa memilih karir yang lebih spesifik lagi misalnya sebagai akuntan publik, akuntan di perusahaan, akuntan pajak ataupun guru akuntansi di sekolah.

Untuk besaran nominal gaji akuntan berbeda-beda tergantung di mana kamu bekerja. Sebagai akuntan publik atau akuntan pajak kamu bisa menjadi konsultan dengan bayaran per jam.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS Berikut Prospek Kerjanya

4. Public Relation

PR (Public Relation) atau dalam bahasa kita dikenal dengan humas merupakan orang yang menjalin komunikasi dan menyampaikan semua informasi penting perusahaan kepada khalayak atau publik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com