Kompas.com - 21/05/2022, 09:25 WIB
|

KOMPAS.com - Muhammad Alfied Pandam Pamungkas, salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Bahasa Mandarin Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini patut berbangga hati.

Pasalnya, bisnis yang dia jalankan mendapat investasi sebesar 50 persen dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia.

Siapa sangka, bisnis Miyago Naknan (Mie Ayam Goreng Enak Tenan) rintisan Pandam ini bisa mendapat investasi dari Menteri Investasi.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Hepatitis Akut ala Dosen FK UNS

Hal ini karena bisnis makanan tersebut sudah dirintisnya sejak bangku SMA dan berlanjut hingga kuliah. Setelah berjalan selama 1,5 tahun, bisnis Pandam ini akhirnya mendapat kucuran dana segar dari Bahlil.

Adapun investasi diberikan Bahlil kepada Miyago Naknan usai dirinya mengadakan diskusi singkat di akhir kuliah umum yang digelar di Gedung Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Rabu (18/5/2022).

Awal mula Bahlil mau memberikan investasi kepada Miyago Naknan terjadi ketika ia mengundang mahasiswa UNS yang sudah merintis bisnis untuk berdialog dengannya.

Ada empat mahasiswa yang berbincang langsung dengan Bahlil, salah satunya adalah Pandam.

"Itu dulu saya rintis sejak SMA, berjualan kepada teman-teman saat waktu istirahat tapi menggunakan sistem pre-order, gitu," ujarnya dikutip dari laman UNS.

Baca juga: Ketahui 4 Mitos Prodi Matematika yang Bikin Calon Mahasiswa Takut

"Setelah mendaftarkan diri di UNS dan menunggu pengumuman, (saya) buka usaha ini dan tidak berekspektasi sebesar ini," imbuh Pandam.

Bisa biayai operasional dan kuliah

Dikatakan, dari hasil berjualan mi ayam goreng sudah mampu membiayai kuliah di perguruan tinggi dan operasionalnya sendiri. Pandam yang mendapat kesempatan beruntung berbincang bersama Bahlil lantas menceritakan bahwa ia sudah memiliki tiga outlet Miyago Naknan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.