Kompas.com - 21/05/2022, 10:37 WIB
|

KOMPAS.com - Di ajang International Design Competition 2022, Tim Nawasena Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih peringkat pertama.

Adapun ajang tersebut dihelat oleh World Ferry Safety Association (WFSA). Untuk pengumumannya secara daring pada Rabu (18/5/2022) yang lalu.

Menurut dosen pembimbing tim Nawasena ITS Dr. Ir. Agoes Santoso, MSc., MPhil., tim bimbingannya tidak pernah absen dalam mengikuti kompetisi desain yang diadakan oleh WFSA ini sejak lima tahun lalu.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Yuk Mengenal Prodi Teknik Lepas Pantai ITS

Belajar dari pengalaman tahun lalu yang harus puas di posisi kedua, tim ini terus berusaha mengembangkan dan berusaha untuk memperoleh hasil yang terbaik.

"Perolehan ini merupakan buah kerja keras para mahasiswa dan juga bantuan dari seluruh sivitas ITS yang terlibat," tutur dosen Departemen Teknik Sistem Perkapalan ini seperti dikutip dari laman ITS, Jumat (20/5/2022).

Dirancang beroperasi di India

Sementara salah satu anggota tim Nawasena ITS, Priskila Putri Irene mengatakan, desain kapal feri MV Lakhsmi yang diusung timnya ini dirancang untuk dapat beroperasi di Sungai Brahmaputra, India.

Pemilihan bentuk lambung hingga inovasi kapal ini dibuat agar dapat diterapkan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

"Untuk menyesuaikan kondisi perairan yang rendah, kami menerapkan teknologi double filter pada sistem pendingin mesin untuk mencegah masuknya pasir dan bentuk lambung Landing Craft Tank," terang mahasiswa yang akrab disapa Cila ini.

Baca juga: Mahasiswa UNS Dapat Investasi dari Menteri karena Bisnis Mi Ayam Goreng

Pada kompetisi yang berlangsung secara daring ini terdapat beberapa aspek yang menjadi poin penilaian para juri, di antaranya:

  • rute operasi
  • konstruksi kapal
  • susunan tata ruang
  • permesinan dan kelistrikan kapal
  • analisis stabilitas
  • analisis ekonomi kapal
  • inovasi-inovasi yang diterapkan pada kapal ini

"Dalam pengerjaannya, kami terus mengacu pada Terms of Reference (TOR) sembari mengembangkan desain yang kami buat," ucapnya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.