Kompas.com - 21/05/2022, 12:21 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 memiliki kesan dan pengalaman tersendiri bagi peserta atau calon mahasiswa.

Beragam persiapan dilakukan peserta agar berhasil lulus dan diterima ke perguruan tinggi tujuan. Acapkali persiapan tersebut melahirkan stres.

Baca juga: Kisah Zahra, Mahasiswa ITB Peraih IP 3,81 dengan Segudang Kesibukan

Menurut Dosen Departemen Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Unpad Karolina L. Dalimunthe, acapkali ketika menghadapi ujian, pelajar menjadi lebih siaga dan tergugah untuk bisa melalui dan menyelesaikannya dengan baik.

Kondisi kesiagaan ini, kata dia, bisa menciptakan stres yang positif maupun negatif. Stres yang berpengaruh positif kerap disebut sebagai eustress, atau kondisi stres yang mampu memberi energi dan motivasi saat menghadapi suatu tantangan tertentu.

Sementara stres negatif kerap disebut sebagai distress, atau kondisi stres yang lebih banyak memberikan efek buruk/negatif pada seseorang.

"Sebagian besar pelajar tentunya merasakan stres ini. Namun, tidak semua pelajar akan jatuh pada distress karena mereka dapat memakai stres ini untuk memotivasi dalam menyiapkan diri menghadapi ujian," kata dia melansir laman Unpad, Sabtu (21/5/2022) tutur Karolina.

Karena itu, selain persiapan belajar terkait materi yang akan diujikan di UTBK-SBMPTN 2022, peserta juga perlu mempersiapkan hal di luar materi ujian, baik fisik maupun mental.

Persiapan fisik di antaranya tidur yang cukup serta memastikan untk sarapan atau makan siang sebelum ujian.

Sementara persiapan mental adalah memanfaatkan dan mengarahkan energi/motivasi pelajar untuk bisa menyiapkan segalanya dengan baik.

Baca juga: 15 SMA Terbaik di Jatim Versi Nilai UTBK 2021, Acuan PPDB 2022

Mulai dari mengingatkan diri untuk mematuhi peraturan ujian yang ditetapkan, membawa persyaratan ujian, serta menyiapkan diri untuk fokus menghadapi ujian.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.