Kompas.com - 20/05/2022, 18:34 WIB
|

KOMPAS.com - Dalam Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) Pemilihan dan Penetapan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. akhirnya terpilih sebagai Rektor UGM periode 2022-2027.

Prof. Ova mendapat suara terbanyak yakni 21 suara dan mengungguli dua calon lain, yakni Prof. Bambang Agus Kironoto memperoleh satu suara, dan Prof. Deendarlianto dengan tiga suara.

Menurut Ketua MWA UGM, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., proses seleksi bakal calon rektor dan pemilihan rektor UGM berlangsung sejak 24 Januari 2022.

Baca juga: Ikut UTBK 2022 di UGM, Ini yang Wajib Disiapkan

Sedang tahapan pendaftaran serta seleksi administrasi meloloskan enam bakal calon rektor yang kemudian diseleksi menjadi tiga calon rektor pada Rapat Pleno Senat Akademik pada 12 Mei lalu.

"Kami sudah melakukan voting, dan hasilnya adalah Prof. Bambang Agus Kironoto memperoleh satu suara, Prof. Deendarlianto tiga suara, dan Prof. Ova Emilia memperoleh 21 suara. Dengan demikian calon rektor terpilih adalah Prof. Ova Emilia," terang Prof. Pratikno seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (20/5/2022).

Dijelaskan, Pemilihan dan Penetapan Rektor diikuti oleh 17 anggota MWA secara luring dan 1 anggota secara daring.

Dihadiri beberapa menteri

Adapun anggota MWA yang hadir secara luring di antaranya:

  • Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim
  • Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X
  • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono
  • Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi
  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Sementara anggota MWA yang hadir baik secara luring maupun daring dapat memberikan suara, kecuali Rektor yang masih menjabat saat ini, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng.

Baca juga: Guru Besar UGM: Ini Penyebab Stunting dan Upaya Pencegahannya

Pada Rapat Pleno itu, Pratikno memimpin jalannya rapat yang dimulai dengan pembacaan tata tertib, pemaparan program kerja oleh calon rektor dan tanya jawab, serta pemilihan oleh anggota MWA.

Usai penghitungan suara, Ketua MWA membacakan hasil perolehan suara akhir dan menetapkan Rektor terpilih.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.