Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2022, 18:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dalam Rapat Pleno Majelis Wali Amanat (MWA) Pemilihan dan Penetapan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. akhirnya terpilih sebagai Rektor UGM periode 2022-2027.

Prof. Ova mendapat suara terbanyak yakni 21 suara dan mengungguli dua calon lain, yakni Prof. Bambang Agus Kironoto memperoleh satu suara, dan Prof. Deendarlianto dengan tiga suara.

Menurut Ketua MWA UGM, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., proses seleksi bakal calon rektor dan pemilihan rektor UGM berlangsung sejak 24 Januari 2022.

Baca juga: Ikut UTBK 2022 di UGM, Ini yang Wajib Disiapkan

Sedang tahapan pendaftaran serta seleksi administrasi meloloskan enam bakal calon rektor yang kemudian diseleksi menjadi tiga calon rektor pada Rapat Pleno Senat Akademik pada 12 Mei lalu.

"Kami sudah melakukan voting, dan hasilnya adalah Prof. Bambang Agus Kironoto memperoleh satu suara, Prof. Deendarlianto tiga suara, dan Prof. Ova Emilia memperoleh 21 suara. Dengan demikian calon rektor terpilih adalah Prof. Ova Emilia," terang Prof. Pratikno seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (20/5/2022).

Dijelaskan, Pemilihan dan Penetapan Rektor diikuti oleh 17 anggota MWA secara luring dan 1 anggota secara daring.

Dihadiri beberapa menteri

Adapun anggota MWA yang hadir secara luring di antaranya:

  • Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim
  • Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X
  • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono
  • Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi
  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Sementara anggota MWA yang hadir baik secara luring maupun daring dapat memberikan suara, kecuali Rektor yang masih menjabat saat ini, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng.

Baca juga: Guru Besar UGM: Ini Penyebab Stunting dan Upaya Pencegahannya

Pada Rapat Pleno itu, Pratikno memimpin jalannya rapat yang dimulai dengan pembacaan tata tertib, pemaparan program kerja oleh calon rektor dan tanya jawab, serta pemilihan oleh anggota MWA.

Usai penghitungan suara, Ketua MWA membacakan hasil perolehan suara akhir dan menetapkan Rektor terpilih.

Penetapan Rektor oleh MWA menandai akhir dari rangkaian proses pemilihan rektor, dan rektor terpilih rencananya akan dilantik pada 27 Mei mendatang.

"Karena masa jabatan Rektor saat ini, Prof. Panut Mulyono akan segera selesai, MWA akan melakukan pelantikan dalam waktu dekat," tambah Pratikno.

Kiprah Prof. Ova Emilia

Ternyata, rektor terpilih atau Rektor UGM 2022 tersebut adalah Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM yang juga menjabat sebagai Dekan sejak 2016.

Wanita kelahiran Yogyakarta, 19 Februari 1964 ini menamatkan pendidikan sarjana di UGM pada 1987, dan kemudian melanjutkan studi S2 di University of Dundee, Skotlandia, pada 1990.

Baca juga: Ini 3 Nama Calon Rektor UGM Terseleksi

Selanjutnya, Prof. Ova menjalani pendidikan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di UGM pada tahun 1996 – 2000, kemudian S3 Clinical Teaching di University of New South Wales Wales dan pendidikan dokter subspesialis di UGM pada tahun 2009.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com