Kompas.com - 20/05/2022, 13:43 WIB

KOMPAS.com - Ilmuwan dan staf pengajar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Fahmi Mubarok bersama ahli kimia dan insinyur Spanyol Nuria Espallargas dinominasikan untuk Innovation Prize European Patent O?ce (EPO) dalam European Inventor Award 2022.

Pemenang Penghargaan Penemu Eropa EPO 2022 akan diumumkan dalam upacara virtual pada 21 Juni 2022.

Fahmi Mubarok meraih gelar Sarjana Teknik di bidang Teknik Material dari Institut Teknologi Bandung, Indonesia, dan gelar master di bidang Ilmu Material dari Universitas Teknologi Hamburg di Jerman.

Pada tahun 2017, Fahmi Mubarok kembali ke Indonesia dan menjadi staf pengajar di Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Penemuan mereka memungkinkan bahan keramik yang tidak memiliki titik leleh dipanaskan hingga suhu tinggi untuk disemprotkan ke komponen teknis atau industri.

Temuan pelapis keramik semprot yang inovatif ini dirancang untuk memperpanjang masa pakai komponen yang digunakan di berbagai industri dengan cara memberi perlindungan lebih baik pada komponen-komponen tersebut dari keausan dan paparan bahan kimia.

Industri mobil diharapkan menjadi yang pertama memanfaatkan penemuan baru ini dan diaplikasikan pada rem mobil, truk atau kereta api dan manufaktur kaca.

Proyek mendatang yang direncanakan oleh European Space Agency/Badan Antariksa Eropa akan menguji seberapa baik lapisan tersebut menahan abrasi dari pasir di bulan dan Planet Mars.

Terobosan masalah yang mustahil

"Temuan jenius karya Fahmi Mubarok dan Nuria Espallargas berhasil memecahkan masalah yang diyakini mustahil oleh para ahli di bidangnya," ungkap Presiden EPO António Campinos, saat mengumumkan ?nalis European Inventor Award 2022.

"Mereka secara signi?kan meningkatkan usia penggunaan dan daya tahan produk industri, sebuah aspek yang penting dalam ekonomi material," jelasnya.

Baca juga: Ilmuwan Berhasil Pakai Tanah dari Bulan untuk Bercocok Tanam

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.