7 Siswa SMA Kesatuan Bangsa Raih Beasiswa Indonesia Maju ke Amerika dan Kanada

Kompas.com - 20/05/2022, 12:22 WIB

KOMPAS.com - Tujuh siswa SMA Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School, DI Yogyakarta, berhasil meraih Beasiswa Indonesia Maju (BIM) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Ketujuh siswa berprestasi itu adalah Nagata Parama Aptana, Althaaf Syaikha Nuhaad, Ayesha Rida Izzati, Nara Tazkia Larasati, Durotul Salma, M. Hazel Variansyah, dan Charisma Pramudya Rusdiyanto.

Sebagai informasi, BIM merupakan beasiswa yang diberikan kepada peserta didik kelas XII SMA/SMK/MA sederajat yang berhasil meraih prestasi pada bidang sains, riset, teknologi dan inovasi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek.

Beasiswa Indonesia Maju dimulai dengan seleksi administrasi. Seleksi administrasi dilakukan pada 1076 peserta didik berprestasi se-Indonesia. Sebanyak 481 siswa terpilih mendapatkan BIM Angkatan I akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi luar negeri.

Tujuh peserta didik SMA Kesatuan Bangsa mendapat kesempatan untuk meraih beasiswa ini. Peserta didik tersebut kemudian berjuang untuk mendapat Letter of Acceptance (LoA) dari universitas luar negeri yang diinginkan.

Perjuangan peserta didik yang mempunyai motto "inspire, explore, achieve" ini pun membuahkan hasil manis.

Tujuh dari peserta didik tersebut saat ini telah menjadi awardee Beasiswa Indonesia Maju dengan diterimanya mereka di perguruan tinggi di Kanada dan Amerika Serikat.

Perguruan tinggi yang berhasil diraih peserta didik menempati peringkat top 100 dunia versi QS World University Rankings (WUR):

Baca juga: Syarat Daftar Beasiswa BCA 2022, Kuliah Gratis dan Dapat Uang Saku

  1. Nagata Parama Aptana: beasiswa University of Toronto program Computer Science (Ilmu Komputer
  2. Althaaf Syaikha Nuhaad: beasiswa University of British Columbia pada program Electrical Engineering (Teknik Elektro)
  3. Ayesha Rida Izzati: beasiswa University of British Columbia program Bachelor of Applied Science (Sarjana Sains Terapan)
  4. Nara Tazkia Larasati: beasiswa University of British Columbia program Bachelor of Applied Science (Sarjana Sains Terapan)
  5. Durotul Salma: program Vantage One Bachelor of Applied Science (Sarjana Sains Terapan)
  6. Charisma Pramudya Rusdiyanto: beasiswa University of British Columbia program Vantage One Bachelor of Applied Science (Sarjana Sains Terapan)
  7. M. Hazel Variansyah: beasiswa University of Illinois Chicago program Computer Engineering (Teknik Komputer)

Sinergi siswa, sekolah dan orangtua

"Keberhasilan ini adalah sebuah bentuk sinergi yang baik antara segitiga pendidikan yaitu peserta didik, sekolah, dan orangtua," ungkap Nur Wijayanto Kepala Sekolah SMA Kesatuan Bangsa melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (19/5/2022).

"Pencapaian ini tidak lepas dari perjuangan peserta didik dalam berprestasi, doa, dan motivasi dari orang tua/wali serta dukungan sekolah untuk peserta didik dalam meraih prestasi dan mendampingi dalam proses pendaftaran universitas," tambah Nur Wijayanto.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.