Kompas.com - 06/05/2022, 13:56 WIB
|

KOMPAS.com - Bhante atau biarawan asal Phnom Penh, Kamboja ini punya kesan baik tentang Indonesia. Ia adalah Chanthoeurn Dock yang ikut Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Chanthoeurn, begitu sapaanya mengatakan bahwa sudah dua semester dia mengikuti program BIPA di Unesa. Tetapi, ada yang berbeda dari dirinya.

Yakni, dalam aktivitas sehari-hari baik di asrama maupun di lingkungan kampus selalu mengenakan jubah bhante-nya, termasuk saat kuliah.

Baca juga: Mahasiswa, Yuk Coba 4 Teknik Membaca Cepat Dipahami

Sejauh ini, proses perkuliahan masih dilakukan secara daring dan banyak waktu yang dihabiskan untuk belajar dan mendalami bahasa Indonesia di asrama.

Suka makan nasi goreng

Meski demikian, di waktu senggang, kadang keluar nongkrong bersama teman-temannya sembari melihat suasana Kota Surabaya dan aktivitas serta budaya di masyarakat.

Dia sendiri mengaku cepat beradaptasi dengan kuliner Indonesia, nasi goreng salah satu kesukaannya.

Menurutnya, dia menganggap penting belajar bahasa Indonesia. Itu berkaitan dengan hobinya yang kerap meneliti bidang pendidikan dan tugas-tugas keagamannya yang tidak menutup kemungkinan akan banyak terlibat di Indonesia.

Apalagi umat Buddha di Indonesia sekitar 2,04 juta jiwa, ketika suatu waktu ada keperluan, jadinya tidak terkendala bahasa.

"Termasuk kalau dapat tugas lain atau meneliti di Indonesia. Belajar bahasa dan budaya di sini jadi kunci buat saya," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Solusi Susah Tidur dengan Sleep Hygiene, Mahasiswa Yuk Coba

Tetapi, pria yang hobi meneliti itu mengaku senang bisa belajar bahasa Indonesia di Unesa. Ada sekian banyak keuntungan menjadi mahasiswa di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.