Kompas.com - 04/05/2022, 19:27 WIB
|

KOMPAS.com - Tubuh manusia memerlukan istirahat, salah satunya dengan tidur. Tentu, dalam kondisi normal, orang dewasa yang sehat memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari.

Akan tetapi, tak semua orang dapat memenuhinya. Kadang kala, susah tidur atau insomnia pun terjadi.

Melansir laman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Kosala, insomnia merupakan masalah tidur yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Ini 10 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Bahkan, sepertiga pasien yang datang berkonsultasi ke rumah sakit mengalami gangguan tidur dan tak jarang yang mengalaminya sejak lama.

Sulit tidur adalah kondisi seseorang mengalami penurunan kualitas atau kuantitas tidur. Keadaan ini ditandai dengan salah satu atau lebih gejala sulit memulai tidur, sering terbangun di tengah malam dan sulit tidur kembali, bangun terlalu dini dan merasa tidak segar setelah bangun.

Penyebab susah tidur

Tak hanya itu saja, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia, diantaranya adalah:

  • rasa nyeri di area tubuh tertentu
  • perubahan hormonal seperti pada kehamilan atau menopause
  • penggunaan obat atau zat tertentu seperti kafein, alkohol, obat golongan dekongestan
  • masalah psikis seperti stres

Tapi walaupun tampak sederhana, insomnia dapat berdampak pada segala aspek kehidupan. Penderita insomnia akan mengalami rasa kantuk sepanjang hari dan kehilangan semangat dan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Hal ini merupakan konsekuensi wajar karena saat tidur sel-sel tubuh mengalami regenerasi. Bila seseorang kurang tidur, tubuh akan terasa lelah keesokan harinya.

Jika berlangsung lama, insomnia dapat menyebabkan perubahan mood hingga depresi, kenaikan berat badan karena pengaruh hormonal, penurunan konsentrasi dan penurunan produktivitas secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Diare Pada Anak ala Dokter RSA UGM

Karena itulah, kondisi sulit tidur jelas harus segera diatasi. Nah, salah satu cara yang telah terbukti efektif untuk menangani sulit tidur adalah sleep hygiene.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.