Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Begini 5 Cara Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Kompas.com - 01/05/2022, 11:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit di dalam tubuh. Salah satu penyakit yang bisa timbul karena gaya hidup yang tidak sehat adalah asam lambung.

Asam lambung ini tidak hanya disebabkan karena terlambat makan saja lho. Ada banyak faktor yang menyebabkan asam lambung naik dan menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya.

Mulai dari kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, kopi, hingga minuman bersoda. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan secara berlebihan, akan memicu asam lambung menjadi sering naik

Saat asam lambung naik, kamu bisa minum obat untuk meredakannya. Namun asam lambung juga bisa diturunkan tanpa obat.

Baca juga: Guru Besar Unesa Beberkan Kiat Hindari Plagiarisme

Turunkan asam lambung tanpa obat

Melansir dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (1/5/2022), membagikan tips menurunkan asam lambung tanpa obat.

1. Hindari makanan pemicu refluks

Hindari makanan tertentu yang memicu mulas seperti kafein, soda, cokelat, buah dan jus jeruk, tomat, bawang, mint dan makanan berlemak tinggi.

Baca juga: 12.845 Calon Mahasiswa Pilih Unram Jadi Pusat UTBK 2022

2. Makan lebih banyak serat

Serat membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat atur porsi makan. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus.

3. Jangan makan sebelum tidur

Berhenti makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur sehingga perut memiliki kesempatan untuk mengosongkan sebelum berbaring.

4. Makan perlahan

Jangan makan terburu-buru, makanlah dengan perlahan.

5. Hindari kebiasaan merokok

Merokok dapat mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam di lambung. Jadi berhenti merokok jika tidak ingin asam lambung kambuh.

Baca juga: Intip 3 Jurusan Populer di Amerika Serikat, Ada Pilihanmu?

Itulah cara menurunkan asam lambung tanpa obat yang bisa dilakukan. Tips ini bermanfaat bagi penderita sakit asam lambung yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Kamu bisa mencegah asam lambung tidak naik dengan mulai menerapkan pola hidup sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com