Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 3 Jurusan Populer di Amerika Serikat, Ada Pilihanmu?

Kompas.com - 30/04/2022, 15:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu alasan banyak siswa internasional memilih melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat karena kualitas pendidikan yang diberikan.

Terbukti sejumlah universitas di Amerika selalu bertengger menjadi perguruan tinggi terbaik di dunia menurut berbagai lembaga pemeringkatan internasional.

Amerika Serikat juga memiliki populasi internasional terbesar di dunia. Pasalnya terdapat lebih dari 1 juta mahasiswa memilih mengambil studi dan pengalaman hidup di Amerika.

Hampir 5 persen dari semua siswa yang terdaftar di pendidikan tingkat tinggi di Amerika Serikat merupakan siswa internasional. Hal ini membuktikan bahwa universitas Amerika menjadi tujuan populer siswa dari seluruh dunia.

Baca juga: Bank UOB Buka Lowongan Kerja bagi S1-S2 Fresh Graduate, Ayo Daftar

3 jurusan populer di Amerika Serikat

Melansir dari laman konsultan pendidikan luar negeri ICAN Education, Sabtu (30/4/2022), ada 3 jurusan populer di Amerika Serikat yang sering dipilih para siswa internasional.

Jika kamu termasuk siswa internasional yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat, perhatikan 3 jurusan populer yang bisa dipertimbangkan.

1. Engineering

Jurusan engineering atau teknik secara konsisten menjadi kursus paling populer bagi siswa internasional di Amerika. Pada tahun lalu jurusan ini menciptakan pertumbuhan besar yakni 9 persen.

Baca juga: Universitas Terbaik di Luar Pulau Jawa Versi THE Impact Rankings 2022

Engineering adalah gelar yang praktis dan ada berbagai pekerjaan yang tersedia bagi lulusannya. Yakni Teknik Elektto, Sipil dan Mesin.

Negara teratas untuk siswa internasional yang belajar Teknik adalah Iran (54,4 persen), Kuwait (50,4 persen), India (36 persen), Malaysia (28,9 persen) dan Arab Saudi (25,7 persen).

2. Business Administration

Business Administration jadi salah satu jurusan populer di kalangan siswa internasional. Master of Business Administration (MBA) dipandang banyak orang sebagai persyaratan untuk berkarier dalam bisnis dan sangat populer di kalangan siswa internasional.

Selain itu juga ada gelar Bachelor of Business Administration (BBA).

Baca juga: Webinar Unpar Beri Tips Membuat Foto Produk untuk Toko Online

Selama tahun akademik 2015/2016, lebih dari 80.000 siswa dari China belajar gelar di bidang Administrasi Bisnis di Amerika.

Negara lain dengan persentase tinggi siswa internasional mereka belajar Administrasi Bisnis di Amerika Serikat termasuk Indonesia sebesar 31,1 persen, Vietnam (29,8 persen), Venezuela (28,6 persen), Jerman (25,8 persen) dan Prancis (24,8 persen).

3. Computer Science

Bidang computer science juga menjadi salah satu jurusan populer di Amerika. Bahkan jurusan ini mencapai jumlah tertinggi di sektor apapun.

Lulusan yang bekerja di bidang IT memiliki penghasilan tinggi secara konsisten. Selain itu juga banyak peluang kerja, baik di Amerika maupun di seluruh dunia. Kursus Ilmu Komputer sangat populer di kalangan siswa dari India, Nepal, Cina, Iran & Turki.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Saat Mudik Pakai Angkutan Umum dari Pakar Unpas

Itulah 3 jurusan populer di Amerika Serikat yang banyak dipilih oleh siswa internasional. Ada baiknya sebelum memutuskan kuliah di Amerika, kamu perlu memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat, kemampuan, dan tujuan karier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com