Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Tetap Sehat Saat Mudik Pakai Angkutan Umum dari Pakar Unpas

Kompas.com - 30/04/2022, 11:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Karena adanya pandemi Covid-19, pemerintah sempat melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran dua tahun berturut-turut.

Namun Lebaran tahun 2022, pemerintah memberikan kelonggaran dan memperbolehkan masyarakat mudik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat bersilahturahmi bersama keluarga.

Meski bisa berkumpul bersama keluarga merayakan Hari Raya Idul Fitri, masyarakat jangan kendor dalam menerapkan prokes.

Sehingga bisa merayakan Idul Fitri dalam kondisi sehat. Selain menaati persyaratan dari pemerintah, ada tips mudik sehat dan aman ala Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (Unpas) Trias Nugrahadi, terutama bagi masyarakat yang menggunakan angkutan umum.

Baca juga: Rektor Unram: Prodi Pendidikan Dokter Gratis bagi Mahasiswa Tak Mampu

Tips aman dan sehat saat mudik gunakan angkutan umum

1. Lengkapi vaksinasi Covid-19

Trias mengatakan, masyarakat yang mudik menggunakan angkutan umum wajib sudah mendapat vaksin Covid-19. Karena hal itu menjadi syarat mudik 2022 yang wajib dipenuhi.
Pemudik diharuskan melengkapi vaksin booster atau vaksin dosis kedua.

Selain itu pemudik diimbau melakukan tes PCR jika baru mendapatkan vaksin dosis pertama. Sementara untuk vaksin dosis kedua cukup dengan tes antigen.

"Sebaiknya lakukan vaksinasi jauh-jauh hari sebelum mudik untuk menghindari efek samping setelah vaksin," ujar Trias seperti dikutip dari laman Unpas, Sabtu (30/4/2022).

2. Terapkan protokol kesehatan

Trias menegaskan, meski sudah vaksin, masyarakat yang mudik tetap terapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Baca juga: Universitas Terbaik di Luar Pulau Jawa Versi THE Impact Rankings 2022

Seperti menggunakan masker sesuai standar, menjaga jarak, hindari kerumunan, rutin cuci tangan, membawa hand sanitizer, dan ketentuan lain yang berguna untuk mencegah penularan Covid-19 selama perjalanan mudik.

3. Cek kondisi kesehatan

Pemudik harus memastikan kondisi tubuh baik dan kuat melakukan perjalanan jauh. Bila kondisi tubuh tidak terlalu baik, segera periksakan diri ke dokter.

"Kalau tetap memaksakan mudik padahal tubuh sedang tidak sehat, dikhawatirkan akan berampak buruk dan mengganggu perjalanan mudik," papar Trias.

Ia menambahkan, untuk menjaga tubuh tetap fit selama perjalanan, pemudik juga perlu mengonsumsi makanan bergizi secara teratur.

Baca juga: Cek Ciri Daging Sapi Gelonggongan Menurut Dosen UM Surabaya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com