Kompas.com - 16/04/2022, 13:36 WIB
|

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi mendorong para ilmuwan untuk terus berinovasi. Salah satunya riset dan kajian bioinformatika.

Tetapi, jauh sebelum meracik obat, ilmuwan harus memahami mekanisme dan proses biologis sel manusia. Dengan itu, dapat ditemukan formula obat yang sesuai dengan kegunaannya.

Terkait hal itu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University menggelar Bioinformatics Webinar Series 11 bertemakan “Omics and Bioinformatics on Cellular Phenomenon”, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Rektor: Ini Keunggulan Fakultas Kedokteran IPB

Adapun webinar ini membahas riset bioinformatika untuk memahami fenomena seluler. Dengan memahami fenomena seluler, ilmuwan dapat menemukan berbagai fakta menarik hingga obat yang dapat mencegah penyakit degeneratif.

Terlebih penyakit degeneratif dapat memburuk akibat gaya hidup yang kurang sehat.

Menurut Dr. Rika Indri Astuti, Dosen IPB University dari Departemen Biologi FMIPA, salah satu riset bioinformatika terkait fenomena seluler adalah penuaan sel.

"Menjadi tua merupakan hal yang pasti, namun masih ada beberapa hal yang bisa diregulasi agar manusia bisa menua secara sehat (healthy aging)," ujarnya dikutip dari laman IPB.

Ia juga mengatakan, regulasi penuaan sel ini sangat penting untuk mencegah prevalensi penyakit degeneratif dan umumnya terjadi seiring dengan usia yang menua.

Selain itu, perbedaan mendasar antara karakteristik sel muda dan sel tua adalah dapat berfungsi baik dan menanggulangi cekaman.

Terutama ketika mendapat cekaman berupa radikal bebas. Sel tua cenderung tidak tahan atas cekaman tersebut sehingga dapat mengganggu fungsi keseluruhan sel.

Baca juga: 3 Alasan Dokter UGM Sebut Bahaya Rutin Menggunakan Obat Kumur

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.