Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konflik Dosen-Rektor ITB, Komisi X Minta Mendikbud Segera Selesaikan

Kompas.com - 13/03/2022, 14:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Konflik yang terjadi antara Forum Dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) dengan Rektor ITB turut menjadi sorotan anggota Komisi X DPR RI.

Anggota Komisi X DPR, Himmatul Aliyah meminta kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) untuk segera mengambil tindakan, agar konflik internal tersebut tidak berkepanjangan.

"Mendikbud Ristek berperan besar dalam penyelesaian masalah ini, karena sebagaimana disebut dalam statuta tersebut," ujarnya seperti dikutip dari laman DPR RI, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Mahasiswa Unila Jadi Miss dan Mister Tourism 2022, Maju ke Tingkat Internasional

"Jika keputusan akhir penyelesaian masalah-masalah dalam ITB tidak tercapai, penyelesaian diserahkan kepada Mendikbud Ristek," imbuhnya.

Tentu, akibat dari konflik tersebut mengakibatkan pelayanan pendidikan di SBM ITB terganggu. Terlebih mahasiswa menjadi terdampak langsung.

Hal itu dinilai bertentangan dengan statuta ITB sendiri. Pasal 41 ayat (1) Statuta ITB berbunyi, “Setiap mahasiswa mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan pendidikan serta fasilitas pendukung untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran”.

Sebagai komunitas yang memiliki tradisi ilmiah dengan mengembangkan budaya akademik, sudah seharusnya konflik yang terjadi dapat segera diatasi.

Asalkan pihak-pihak yang terlibat mengedepankan nilai, norma, dan tindakan yang selaras dengan asas-asas pendidikan tinggi antara lain:

1. penalaran

2. kejujuran

3. keadilan

4. kebajikan

5. tanggung jawab

"Sehingga upaya ITB dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memajukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, dan ilmu humaniora dapat terus berjalan," terangnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Forum Dosen SBM ITB menyatakan tidak beroperasi seperti biasanya mulai Selasa (8/3/2022) karena adanya konflik dosen rektor ITB.

Proses belajar mengajar pun tidak dilaksanakan secara luring maupun daring. Namun, mahasiswa diminta belajar mandiri.

Baca juga: Dari Pemetaan Bakat, Banyak Mahasiswa IPB Minat Jadi Profesional

Perwakilan FD SBM ITB Jann Hidayat mengatakan, dengan berbagai pertimbangan, selain tidak beroperasinya perkuliahan, juga tidak ada penerimaan mahasiswa baru sampai sistem normal kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com