Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unila Jadi Miss dan Mister Tourism 2022, Maju ke Tingkat Internasional

Kompas.com - 13/03/2022, 10:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan ditunjukkan oleh dua mahasiswa Hubungan Internasional FISIP Universitas Lampung (Unila). Keduanya bakal mewakili Indonesia pada ajang internasional.

Dita Fatimatuzzahra (Miss Grand Tourism Indonesia 2022) akan mewakili Indonesia pada ajang Miss Intercontinental 2022 di Jerman pada November mendatang.

Sedangkan Muhammad Daffa Andira (Mr Tourism Indonesia 2020) terpilih mewakili Indonesia pada ajang Mr. Tourism World 2022 yang bakal digelar di Thailand pada Oktober nanti.

Baca juga: Mau Lulus Kuliah, Siapin 5 Hal Ini

Rektor Unila Prof. Karomani memberikan ucapan selamat kepada Dita dan Daffa yang mewakili Indonesia sekaligus mewakili Unila dan Provinsi Lampung di kancah internasional.

"Pesan saya, Dita dan Daffa mulai mempersiapkan diri supaya sesuai harapan kita semua goal-nya menjadi winner, kita sangat mengharapkan itu," ujar Karomani dikutip dari laman Unila, Kamis (10/3/2022).

Tentu, pihaknya memiliki komitmen untuk mendorong mahasiswa Unila betul-betul menjadikan prestasi itu sebagai capaian yang membanggakan dan menguatkan kampus Unila.

Menurutnya, Unila juga sudah memberikan insentif untuk mahasiswa beprestasi, namun baru kali ini dalam sejarah, Unila memberi insentif mahasiswa berprestasi.

"Kita memberikan insentif kepada mahasiswa berprestasi pada 2021 dengan total nilai Rp 750 juta. Ke depan kita tingkatkan terus sepanjang kemampuan kita memungkinkan," terangnya.

Jadi inspirasi mahasiswa lain

Rektor berharap, apresiasi dan pelepasan mahasiswa berprestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain. "Jadi mahasiswa berprestasi itu keren daripada mahasiswa yang kerjanya demo, demo, demo saja," ucapnya.

Selain itu, Karomani juga meminta Dita dan Daffa untuk memperkenalkan prestasi kampus Unila kepada peserta dan mahasiswa internasional. Di antaranya Unila masuk 10 besar Webometrics Rank, 10 besar Scimago Rank, dan 14 besar THE Rank.

Baca juga: Wisudawan UNY Ini Lulus Sarjana Tanpa Skripsi, Simak Ceritanya

Dia berharap, melalui sosialisasi dua mahasiswa Unila ke mancanegara nanti, maka akan semakin banyak mahasiswa asing yang kuliah ke Unila secara mandiri.

Dengan adanya apresiasi dari kampusnya itu, Dita merasa sangat terkesan. Sebab, hal ini menjadi apresiasi luar biasa bagi dirinya.

"Perjuangan Dita cukup lama meniti karir sejak masih di SMA YP Unila, pernah menjadi Duta Wisata Bandarlampung. Setelah masuk Unila juga pernah ikut internasional conference, kompetisi business plan," tutur Dita.

Angkat potensi di Lampung

Dikatakan, di ajang Miss Intercontinental nanti, dia akan mengangkat tentang petani kopi dan petani lada wanita di Lampung.

"Pada Miss Intercontinental ini fokusnya pada empower woman di mana kita akan memberikan edukasi kepada 1.000 petani wanita Lampung untuk dikenalkan dengan digitalisasi," terang Dita.

Sedangkan Daffa menjelaskan, di ajang Mr. Tourism World di Thailand nanti dia akan mengangkat tentang potensi wisata Lampung, di antaranya wisata gajah di Lampung Timur serta destinasi pantai-pantai yang dimiliki Lampung.

Baca juga: Seminar di Unila, Erick Tohir: Generasi Emas Indonesia Harus Seperti Ini

"Saya akan memperkenalkan laut dan pantai yang ada di Lampung yang digabungkan dengan budaya nusantara," urai Daffa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com