Kompas.com - 26/02/2022, 16:52 WIB

KOMPAS.com - Di zaman modern seperti sekarang, semua bisa dilakukan dengan bantuan perangkat dan sambungan internet.

Mulai dari berbelanja online hingga melakukan transaksi keuangan bisa dilakukan tanpa harus repot-repot pergi ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Meski memberi banyak kemudahan bagi manusia, canggihnya teknologi juga menghadirkan orang-orang tidak bertanggung jawab yang melakukan kejahatan di dunia maya.

Sehingga masyarakat harus bisa menjaga keamanan data pribadinya. Kejahatan cyber atau tindakan cyber crime tidak hanya terjadi pada perusahaan besar. Namun usaha kecil, kelompok, badan aman bahkan individu juga berpotensi menjadi korban cyber crime.

Baca juga: Bank Muamalat Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-D3, Yuk Daftar

Masyarakat perlu tahu bagaimana melindungi data pribadi selama beraktivitas dengan jaringan komputer agar terhindar dari cyber crime.

Tips mencegah cyber crime

Supervisor Pengembangan Sistem Informasi Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital Institut Pertanian Bogor (IPB) Abrar Istiadi memberikan beberapa tips bagi masyarakat agar terhindar dari tindakan cyber crime.

Mengutip dari akun Instagram resmi IPB, Sabtu (26/2/2022), berikut tips menghindari cyber crime yang bisa dilakukan masyarakat saat melakukan aktivitas menggunakan jaringan internet.

1. Gunakan password kuat yang terdiri dari kombinasi huruf kecil dan kapital, angka, karakter khusus serta tidak terlalu pendek.

2. Tidak dianjurkan menggunakan password yang sama untuk beberapa akun.

Hal ini akan mempermudah penjahat cyber untuk mengambil beberapa akun secara bersamaan. Penggunaan kombinasi password yang mudah ditebak juga sangat tidak dianjurkan. Seperti nama anak atau hewan peliharaan, tanggal lahir, alamat dan informasi publik serupa yang mudah ditebak dengan melihat profil Facebook atau melalui pencarian Google.

Baca juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Metaverse, Mahasiswa Perlu Tahu

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.