Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot-robot Juara Dunia Buatan Mahasiswa ITS Tampil di IIETE 2022

Kompas.com - 07/02/2022, 16:07 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) unjuk inovasi dalam bidang robotika, kemaritiman, otomotif, hingga material maju secara langsung dalam pameran Indonesia International Education Training Expo and Conference (IIETE 2022) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Bila selama ini masyarakat hanya bisa mendapat informasi mengenai inovasi ITS melalui website maupun media sosial, dalam IIETE 2022 masyarakat bisa melihatnya secara langsung.

Kepala Unit Komunikasi Publik (UKP) ITS, Rahmatsyam Lakoro mengatakan, dalam mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI ini, ITS membawa beberapa inovasi dan hasil penelitian unggulannya.

Ramok menyebut, salah satu inovasi yang ditampilkan ialah ImmersITS, yakni produk unggulan ITS yang dikembangkan dari penelitian untuk mewujudkan kelas virtual pada masa pandemi.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Tidak hanya itu, ITS juga menampilkan robot-robot humanoid yang pernah memenangkan berbagai kompetisi skala dunia selama tiga hari pemeran yang diselenggarakan pekan lalu.

“Dalam pameran tersebut, kami membawa robot buatan tim Ichiro ITS,” imbuh dosen Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS ini seperti dilansir dari laman ITS.

Tidak hanya sekadar menampilkan produk unggulan, Ramok mengungkapkan bahwa ITS juga menyiapkan beberapa video profil, brosur cetak, mendemokan beberapa prototype, dan membagikan cinderamata kepada pengunjung.

Hal ini tentu saja dilakukan untuk dapat memberi banyak informasi kepada pengunjung.

“Semuanya telah kami persiapkan dengan matang agar informasi tersampaikan dengan baik dan jelas,” tuturnya.

Selama pameran ini berlangsung, Ramok menerangkan bahwa ITS selalu mengedepankan interaksi bersama pengunjung dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Pengunjung yang didominasi oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan orang tua siswa ini diajak untuk melihat lebih dekat kampus ITS melalui materi pameran yang telah dipersiapkan.

“Kami juga memberi informasi kepada pengunjung yang ingin melanjutkan kuliahnya di ITS untuk membantu menentukan pilihan,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa IIETE 2022 merupakan sebuah wadah yang baik. Lantaran dengan adanya pameran ini dapat memberi ruang bagi ITS untuk bertemu dengan masyarakat dan calon mahasiswa secara langsung.

Dengan ini, mereka juga dapat melihat kontribusi dan peran ITS sebagai perguruan tinggi yang meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni guna memajukan kemanusiaan sesuai motto ITS saat ini, Advancing Humanity.

Ramok berpendapat bahwa pameran merupakan ajang yang baik untuk membingkai miniatur kehidupan kampus dalam informasi yang sarat dan padat.

Baca juga: BCA Buka 10 Lowongan Kerja untuk Lulusan S1-S2, Segera Daftar

Melalui pameran pula, sebuah universitas atau institut mempunyai kesempatan untuk saling unjuk gigi.

“Oleh karena itu, kami selalu mempersiapkan pameran dengan baik dan matang meskipun situasi sangat dinamis karena pandemi,” tandas alumnus Pendidikan Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com