Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah Teknik Terbaik dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Kompas.com - 07/02/2022, 13:54 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Jurusan kuliah atau program studi (prodi) Teknik menjadi salah satu prodi yang diminati oleh calon mahasiswa jurusan IPA.

Teknik sendiri merupakan bidang yang mengombinasikan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Ada banyak sekali ilmu teknik yang bisa kamu pelajari, khususnya jika kamu melanjutkan studi pada kampus yang memiliki konsentrasi pada bidang ini.

Beberapa di antaranya teknik fisika, teknik nuklir, teknik metalurgi, teknik perminyakan, teknik nuklir, teknik penerbangan, teknik perkapalan, dan lainnya.

Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya penguasaan Ilmu Teknik menjadi nilai jual yang patut dibanggakan.

Baca juga: 10 Kampus dengan Jurusan Teknik Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

Saat ini, lulusan Ilmu Teknik memiliki prospek kerja yang sangat luas. Hampir seluruh sektor membutuhkan ahli teknik. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan cukup bervariasi.

Merangkum laman platform edukasi Quipper Campus, berikut 7 prodi teknik yang menawarkan prospek kerja menjanjikan:

1. Teknik Sipil

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

Artinya, seorang lulusan teknik sipil perlu menguasai ilmu terkait desain (saat melakukan perancangan), konsturksi (saat melakukan pembangunan dan menyusun sistem pengelolaan), hingga pemeliharaan lingkungan (saat melihat dampak pembangunan dari berbagai aspek).

Jenis bangunan yang dimaksud di sini meliputi banyak hal, seperti gedung perkantoran, jembatan, jalan raya, bandara, stasiun, komplek perumahan, serta beragam fasilitas umum lainnya.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia 2022 yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Oleh karena itu, pilihan topik penelitiannya juga sangat beragam, seperti jembatan dan bantaran sungai/tepi laut, desain jalan, teknologi untuk melindungi manusia dari bencana seperti; banjir dan gempa bumi, serta konservasi lingkungan di suatu wilayah.

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil sangat cerah mengingat Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur.

Jadi, lulusan Teknik Sipil banyak dibutuhkan oleh sektor pembangunan seperti kontraktor.

Selain itu, lulusan Teknik Sipil bisa kerja apa lagi? Perlu kamu ketahui, bahwa lulusan Teknik Sipil juga bisa bekerja sebagai konsultan atau di sektor perbankan yang bertugas untuk mengaudit pengajuan kredit konstruksi.

Dewasa ini, lulusan Teknik Sipil yang memiliki ketertarikan di bidang hukum mulai banyak yang menjadi Pengacara Hak Paten dan bertugas menilai apakah suatu hal baru dan inovatif layak diberi hak paten.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com