Kompas.com - 28/01/2022, 14:00 WIB
Ilustrasi keriput Ilustrasi keriput

KOMPAS.com - Photoaging merupakan kondisi kulit yang mengalami penuaan dini dan bisa dialami oleh siapa saja. Hal ini, bisa terjadi pada kulit wanita atau pun pria, muda atau pun tua karena paparan radiasi dari matahari, yaitu sinar UV A dan UVB.

Jika kulit terbiasa terkena paparan radiasi matahari tanpa pelindung, tentu membuat kulit akan semakin terlihat tua.

Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Prof. Cita Rosita Sigit Prakoeswa, mengatakan salah satu dampak dari photoaging adalah radikal bebas.

Ia mengatakan, radikal bebas merupakan peran sentral penyebab terjadinya photoaging baik dalam konteks molekuler maupun seluler jaringan sampai pada karakteristik kulit yang bisa kita lihat dengan kasat mata ataupun dengan berbagai alat.

Baca juga: 5 Alasan Pasangan Selingkuh, Ini Penjelasan Sosiolog Unair

Jika dibiarkan, photoaging berpotensi skin cancer atau kanker kulit dan cosmecceutical problem.

“Dengan adanya matahari justru menghambat antioksidan dan antioksidan tidak bisa menghambat radikal bebas, dan terjadilah photoaging," jelasnya, dilansir dari laman Unair saat mengisi Ngobrol Santai dengan Ahlinya (NGOBRAS) dengan tema peran Conditioned Medium Stem Cell pada Dermatologi.

Photoaging sendiri treatmentnya berbagai macam. Namun harus ada pertimbangan antara efikasi dan biayanya. "Ini masih cukup mahal sehingga banyak yang mengabaikan padahal photoaging berpotensi skin cancer dan cosmecceutical problem,” jelasnya.

Salah satu treatmentnya, adalah menggunakan Mesenchymal Stem Cell (MSC). Istilah ini, adalah sel punca atau sel yang terus melakukan regenerasi.

Stem cell sendiri memiliki berbagai manfaat termasuk memodulasikan sistem imun dan meningkatkan berbagai growth factor.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

Prof. Cita juga mengatakan selain MSC, ada Mesenchymal Stem Cell-Conditioned Mediaum (MSC-CM). MSC-CM adalah Stem Cell yang setelah dikultur, tidak ada sel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.