Kompas.com - 27/01/2022, 08:55 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) mengaku akan menyediakan 7.150 kursi bagi mahasiswa baru pada 2022.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor I USU, Edy Ikhsan saat melakukan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Syarat dan Jadwal Seleksi SPAN-UM PTKIN 2022

Edy Ikhsan mengatakan, semua kursi mahasiswa baru akan diterima lewat tiga jalur.

"Yaitu, lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM), dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD)," kata dia melansir laman USU, Kamis (27/1/2022).

Dia menjelaskan, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan pedoman dan panduan terkait pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru bagi perguruan tinggi negeri tahun 2022.

"Dalam pedoman tersebut, LTMPT telah menetapkan model tes dan seleksi calon mahasiswa baru yang mengacu pada prinsip-prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel," ucap dia.

Menurut dia, pengembangan model proses seleksi disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan era digitalisasi melalui UTBK.

Baca juga: 20 Politeknik Terbaik Indonesia, Kamu Pilih Apa?

Lalu, untuk meningkatkan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Maka dari itu, sebut dia, sosialisasi penerimaan mahasiswa baru penting dilakukan.

Hal itu berguna untuk menghindari informasi yang salah, keterlambatan dalam memasukkan data peserta didik, serta kekeliruan dalam mengisi format pendaftaran seleksi yang tersedia.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.