Kompas.com - 18/01/2022, 09:53 WIB
|

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) kedatangan tamu istimewa yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Senin (17/1/2022).

Saat berdialog dengan sivitas akademika Unpad, Menteri Nadiem mendengarkan berbagai pengalaman yang dirasakan oleh mahasiswa maupun dosen Unpad selama menjalankan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Adapun Nadiem Makarim berdialog langsung di hadapan 60 mahasiswa program MBKM Unpad serta rektor-rektor dari perguruan tinggi yang ada di Bandung.

Baca juga: Tampung Masukan MBKM, Komisi X DPR: Link and Match Sangat Penting

"Saya ke sini untuk mendengar dan mencatat setiap masukan tentang MBKM. Interpretasi tiap mahasiswa bisa berbeda tentang program ini," ujar Mendikbud Ristek dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Nadiem, ada yang mendefinisikan MBKM agar bisa ikut pertukaran pelajar, ada yang menginterpretasikan sebagai program untuk mendapatkan KIP Kuliah yang sekarang diperbesar untuk program studi mahal, bisa bermacam-macam.

"Tetapi itu semua tetap dalam kerangka Kampus Merdeka," terang Nadiem.

Dijelaskan, kebijakan program MBKM memberi perbedaan besar pada dunia pendidikan tinggi Indonesia. Di program ini, tidak hanya mahasiswa yang diberi kesempatan untuk belajar di luar prodinya, tetapi dosen juga berkesempatan untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya di luar kampus.

"Kalau kita tidak melakukan perubahan yang besar atau memukul gong perubahan yang dramatis, kita tidak akan bisa mengejar ketertinggalan," ucapnya.

Program yang ideal bagi mahasiswa

Salah satu peserta program MBKM Mahasiswa Mengajar, Yoga Asmara, dari Fakultas Hukum Unpad menyampaikan apresiasi kepada Mendikbud Ristek karena telah menginisiasi MBKM.

Menurutnya, secara konsep program ini sangat ideal bagi mahasiswa. Tetapi, Yoga menyebut masih ada hal-hal teknis dalam pelaksanaan MBKM belum sesuai dengan konsep yang disampaikan Mendikbud Ristek.

Baca juga: Mendikbud Ristek: MBKM Jadi Momentum Asah Kemampuan Mahasiswa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.