Kompas.com - 04/01/2022, 19:42 WIB

KOMPAS.com - Departemen Desain Produk Industri (Despro), Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) Institut Sepuluh Nopember (ITS) membuka jalur Golden Ticket bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Namun, untuk mencoba jalur golden ticket ini tentu tak asal masuk. Ada sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kepala Departemen Desain Produk Industri ITS Bambang Tristiyono menjelaskan, tujuan jalur Golden Ticket ini untuk memberikan apresiasi khusus bagi siswa SMA/MA/SMK sederajat yang memenuhi persyaratan dan kriteria untuk diterima menjadi mahasiswa baru tahun 2022.

"Hal ini juga sebagai bentuk rangkaian promosi Despro agar lebih dikenal masyarakat," kata Bambang dilansir dari laman ITS.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Jalur yang kali pertama dibuka oleh Despro ITS ini memiliki beberapa persyaratan umum. Antara lain:

  • Peserta harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Menyertakan copy rapor hingga semester 5
  • Bukti prestasi akademik maupun nonakademik
  • Bukti prestasi luar biasa
  • Membuat uraian yang ditulis tangan berisi deskripsi diri dan alasan memilih Despro ITS
  • Surat pernyataan keaslian prestasi dan dokumen dengan mengetahui kepala sekolah

Persyaratan lainnya ialah peserta harus memilih Departemen Desain Produk ITS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan satu pada jalur pendaftaran SNMPTN 2022.

"Atau pilihan satu pada jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP) bagi pemenang yang tidak masuk kuota SNMPTN," ujar Bambang.

Peserta juga harus melampirkan bukti keikutsertaan ITS Fair, yang diselenggarakan pada 8 - 23 Januari 2022 mendatang. Bambang mengatakan, hal ini agar peserta lebih mengenal ITS, khususnya Departemen Desain Produk Industri ITS.

Baca juga: Registrasi Akun LTMPT untuk Siswa Ditunda, Ini Jadwal SNMPTN 2022

"Kami tidak ingin salah pilih, keikutsertaan peserta dalam ITS Fair dapat menunjukkan keseriusan dan minat memilih Despro ITS," ungkapnya.

Selain itu, terdapat tiga jenis prestasi luar biasa yang dapat didaftarkan. Pertama, prestasi nasional atau internasional di bidang desain dan diselenggarakan oleh institusi terkemuka. 

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.