Kompas.com - 22/12/2021, 18:53 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mendorong anak muda Indonesia menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul demi membangun negeri ini.

Salah satunya dengan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang rutin diadakan Kementerian Keuangan.

Para penerima beasiswa LPDP ini setelah menyelesaikan studi diharapkan bisa membangun Indonesia menjadi negara yang lebih maju lagi.

Seperti yang dilakukan salah satu penerima beasiswa LPDP, I Gede Merta Yoga Pratama yang berhasil meluncurkan aplikasi Fish Go.

Baca juga: Beasiswa S1 di Korsel, Yuk Daftar Program KAIST Scholarship 2022

Aplikasi pelacak posisi ikan

Merangkum dari akun Instagran resmi LPDP, Rabu (22/12/2021), Fish Go merupakan sebuah aplikasi pelacak posisi ikan berbasis sistem penginderaan jauh dan navigasi guna membantu nelayan menemukan daerah tangkapan dengan lebih mudah dan akurat.

Aplikasi ini terinspirasi dari permainan Pokemon Go yang booming beberapa tahun lalu. Konsep itu menginspirasi I Gede Merta Yoga Pratama dalam membuat Fish Go.

Aplikasi ini dibuat I Gede Merta karena melihat kondisi Indonesia yang dikenal sebagai negeri maritim.

Namun fakta di lapangan, para nelayan masih tergolong dalam kelompok profesi yang rentan dengan risiko pekerjaan tinggi. Termasuk yang terjadi pada masyarakat nelayan Bali.

"Kegiatan melaut yang masih sangat tradisional tak lagi banyak membantu. Peredaran rasi bintang yang selama ini jadi acuan nyatanya tetap membuat nelayan harus berputar-putar mencari titik kumpul ikan, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih banyak," kata I Gede Merta seperti dikutip dari Instagram LPDP, Rabu (22/12/2022).

Baca juga: Mahasiswa, Ini Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Online Berkualitas

Selain itu, nelayan juga harus menghadapi bahaya sebab tak dibekali dengan kemampuan prediksi cuaca yang akurat.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.