Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Jadi Nama Jalan di Bandung

Kompas.com - 22/12/2021, 13:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendukung penuh upaya Universitas Padjadjaran (Unpad) Pemprov, dan masyarakat Jabar dalam memperjuangkan Prof. Mochtar Kusumaatmadja menjadi pahlawan nasional.

"Sudah ada 7.000 petisi daring dan 70 surat dukungan masuk ke kami. Ini menandakan bahwa gelar pahlawan bagi Prof. Mochtar harus kita perjuangkan," kata dia melansir laman Unpad, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Unpad Perjuangkan Mochtar Kusumaatmadja Jadi Pahlawan Nasional

Gubernur yang akrab disapa Emil ini menuturkan, Prof. Mochtar merupakan salah satu anak bangsa yang prestasi dan inspirasinya melewati batas wilayah negara.

Prof. Mochtar merupakan sosok yang melanjutkan konsep Wawasan Nusantara yang juga digelorakan oleh putra Jabar, yaitu Ir. H. Djuanda.

Peran aktif Prof. Mochtar Kusumaatmadja, kata dia, dalam menyampaikan konsep Wawasan Nusantara ke tingkat internasional akhirnya diakui secara global serta menjadi teori dan dipraktikkan menjadi norma hukum internasional.

Karena itu, dia telah menginstruksikan berbagai pihak sejak awal untuk segera memproses mendiang Prof. Mochtar menjadi pahlawan nasional.

Ini disebabkan mengingat penganugerahan gelar pahlawan nasional diumumkan setiap setahun kali.

"Kita perjuangkan, mudah-mudahan Pemerintah Pusat melalui Presiden menganugerahi gelar pahlawan bagi Prof. Mochtar di 17 Agustus 2022," ucap Emil.

Baca juga: Relawan Unpad Dampingi Anak-anak Korban Erupsi Gunung Semeru

Selain itu, Pemprov Jabar memberikan apresiasi lain bagi sosok almarhum, yaitu menjadikan nama Prof. Mochtar menjadi salah satu nama jalan di Kota Bandung.

Opsi pertama yang dipilih adalah ruas jalan layang Pasteur-Surapati (Pasupati).

"Spirit Pak Mochtar itu adalah menjembatani. Pada saat orang berpikir laut itu memisahkan pulau, Pak Mochtar berpikir sebaliknya. Laut adalah jembatan pulau-pulau di Nusantara," ucap Emil.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti menjelaskan, dalam mendukung pengusulan gelar pahlawan, Unpad rutin mengadakan seminar yang berkaitan dengan kiprah Prof. Mochtar Kusumaatmadja sebagai negarawan, diplomat, dan akademisi.

Dari setiap seminar, banyak referensi dan testimoni yang menguatkan Prof. Mochtar layak diusulkan sebagai pahlawan.

Baca juga: Kisah Jerome Polin Sekolah Bareng Crazy Rich hingga Kuliah ke Jepang

"Kami merasa gembira karena banyak testimoni yang muncul dari acara seminar di Unpad yang semakin membulatkan kesimpulan kami bahwa Prof. Mochtar Kusumaatmadja sangat layak menjadi pahlawan nasional dari Jawa Barat," tukas Rektor Unpad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com