Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peraih Beasiswa LPDP Ini Bikin Alat Pelacak Posisi Ikan bagi Nelayan

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mendorong anak muda Indonesia menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul demi membangun negeri ini.

Salah satunya dengan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang rutin diadakan Kementerian Keuangan.

Para penerima beasiswa LPDP ini setelah menyelesaikan studi diharapkan bisa membangun Indonesia menjadi negara yang lebih maju lagi.

Seperti yang dilakukan salah satu penerima beasiswa LPDP, I Gede Merta Yoga Pratama yang berhasil meluncurkan aplikasi Fish Go.

Aplikasi pelacak posisi ikan

Merangkum dari akun Instagran resmi LPDP, Rabu (22/12/2021), Fish Go merupakan sebuah aplikasi pelacak posisi ikan berbasis sistem penginderaan jauh dan navigasi guna membantu nelayan menemukan daerah tangkapan dengan lebih mudah dan akurat.

Aplikasi ini terinspirasi dari permainan Pokemon Go yang booming beberapa tahun lalu. Konsep itu menginspirasi I Gede Merta Yoga Pratama dalam membuat Fish Go.

Aplikasi ini dibuat I Gede Merta karena melihat kondisi Indonesia yang dikenal sebagai negeri maritim.

Namun fakta di lapangan, para nelayan masih tergolong dalam kelompok profesi yang rentan dengan risiko pekerjaan tinggi. Termasuk yang terjadi pada masyarakat nelayan Bali.

"Kegiatan melaut yang masih sangat tradisional tak lagi banyak membantu. Peredaran rasi bintang yang selama ini jadi acuan nyatanya tetap membuat nelayan harus berputar-putar mencari titik kumpul ikan, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih banyak," kata I Gede Merta seperti dikutip dari Instagram LPDP, Rabu (22/12/2022).

Selain itu, nelayan juga harus menghadapi bahaya sebab tak dibekali dengan kemampuan prediksi cuaca yang akurat.

I Gede Merta pernah berkesempatan praktik lapangan di Balai Penelitian dan Observasi Laut, Jembrana saat masa studi S1 Ilmu Kelautan Universitas Udayana. Saat mengikuti program itu, membuatnya belajar bahwa titik tangkap ikan dapat diprediksi lewat citra satelit yang didapat dari data karakteristik ikan.

Keunggulan aplikasi Fish Go

Melansir dari akun Intagram fishgo.id, aplikasi berbasis Android penentu area tangkapan ikan ini memiliki beberapa fitur unggulan, antara lain:

1. Daerah potensial tangkapan ikan.

2. Waktu penangkapan terbaik.

3. Rute melaut yang aman.

4. Informasi prakiraan cuaca tiap jam.

5. Informasi pasang surut air laut.

6. PATRIOT (NBM-20) Internet of Things.

Dia mengaku, untuk membuat aplikasi ini membutuhkan proses panjang. Setelah kurang lebih 4 tahun pengembangannya, Fish Go telah dilengkapi fitur informasi lokasi ikan, rute melaut, prediksi cuaca, waktu penangkapan, dan pasang surut air laut.

"Fish Go juga dilengkapi kemampuan untuk menyandingkan pengalaman nelayan menangkap ikan atau kondisi di lapangan dengan memanfaatkan pola algoritma sehingga dapat memberikan kepastian dan akurasi informasi," beber I Gede Merta.

Tak hanya itu, Fish Go juga telah juga membantu nelayan memasarkan produk tangkapan segar di daerah Bali.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/22/185302571/peraih-beasiswa-lpdp-ini-bikin-alat-pelacak-posisi-ikan-bagi-nelayan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke