Kompas.com - 22/12/2021, 17:47 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Peradaban manusia terus berubah seiring perkembangan zaman. Di bidang industri pun terus mengalami perubahan dari masa ke masa. Perubahan ini biasa disebut dengan revolusi industri.

Revolusi industri merupakan suatu tingkatan pada perkembangan teknologi. Contohnya teknologi digital seperti saat ini masuk pada revolusi industri 4.0.

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Rabu (22/12/2021), istilah industri 4.0 mengacu pada revolusi industri generasi keempat yang didominasi penggunaan teknologi terkini. Seperti system robotic, artificial intelligence, cloud computing dan internet.

Bisa dikatakan, inovasi bisnis digital ini menggunakan kecanggihan teknologi untuk proses produksi hingga marketing. Sebagai generasi muda, kamu perlu tahu beberapa contoh inovasi bisnis digital di era industri 4.0 yang berkembang pesat. Bahkan informasi ini bisa memberi inspirasi untuk merintis inovasi bisnis digital.

Berikut 5 inovasi digital yang harus mahasiswa ketahui di era revolusi industri 4.0:

Baca juga: Mahasiswa, Ini Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Online Berkualitas

1. Jual beli produk digital

Produk digital adalah sebuah produk yang tidak memiliki bentuk fisik. Misalnya ebook, foto, video, audio, software, dan sebagainya. Produk semacam ini dijual dalam bentuk file yang dapat dikirim secara online.

Jual beli produk digital ini makin diminati karena masyarakat menyukai sesuatu yang praktis. Undangan digital merupakan salah satu contoh produk digital yang banyak diminati. Selain praktis, inovasi bisnis digital satu ini juga ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas undangan yang akhirnya terbuang sia-sia.

2. Pembuatan website dan aplikasi mobile

Punya laman website sendiri saat ini sudah menjadi kebutuhan. Tidak hanya bagi instansi pemerintah, toko online pun akan lebih dipercaya jika memiliki website.

Dengan permintaan yang begitu tinggi, menjalankan bisnis pembuatan website membuka prospek menggiurkan. Selain website, aplikasi mobile juga sama-sama potensial. Inovasi bisnis digital ini bertujuan memenuhi kebutuhan pengguna mobile di Indonesia yang jumlahnya mencapai 350 juta jiwa.

Baca juga: Super Air Jet Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, Buruan Daftar

Kamu bisa membuat aplikasi untuk membantu kebutuhan masyarakat. Bisa aplikasi belajar, game, music, komunikasi, buku kas, dan sebagainya. Jenis aplikasi yang bisa kamu kembangkan tidak terbatas jenisnya, baik untuk smartphone Android maupun Apple.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.