Kompas.com - 09/12/2021, 18:23 WIB
Meskipun dalam menjawab alasan melamar pekerjaan pewawancara akan menyinggung sedikit tentang pengalaman kerja, mereka melakukannya hanya untuk mengetahui bahwa kandidat memenuhi kualifikasi minimal. SHUTTERSTOCKMeskipun dalam menjawab alasan melamar pekerjaan pewawancara akan menyinggung sedikit tentang pengalaman kerja, mereka melakukannya hanya untuk mengetahui bahwa kandidat memenuhi kualifikasi minimal.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa tingkat akhir atau lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan, membuat Curriculum Vitae (CV) menjadi hal krusial yang perlu diperhatikan.

Dengan membuat CV yang bagus, bisa menambah peluangmu diterima di suatu perusahaan. Meski terlihat sederhana, namun tidak semua orang bisa membuat CV yang bagus dan dilirik perusahaan.

Meski menjadi hal penting saat mencari pekerjaan namun keterampilan menulis CV jarang diberikan oleh instansi pendidikan formal.

Untuk membekali mahasiswanya keterampilan membuat CV, Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Webinar Nasional Kepelatihan Desain dan Kepenulisan.

Baca juga: Pakar Geologi ITS: Pasca-erupsi, Semua Harus Patuh Peta KRB Semeru

Rahasia recruiter dalam menyeleksi calon karyawan

Dalam webinar tersebut dibagikan tips membuat CV yang baik dan benar. Hadir sebagai pembicara Assesor Daya Dimensi Indonesia Armando Radityawan.

Armando Radityawan membagikan rahasia rekruter atau pihak HRD dalam menyeleksi calon karyawannya. Biasanya recruiter hanya memerlukan waktu 30 hingga 40 detik saat membuka CV para pelamar. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pelamar yang mendaftar.

Rekruter juga cenderung melihat portofolio sebelum melihat CV. Bahkan keterbatasan waktu dan membludaknya jumlah pelamar yang masuk, membuat recruiter semakin selektif ketika membuka CV.

Perusahaan yang belum menggunakan search engine akan menghapus email yang berbentuk rar dan tanpa bodi email.

Baca juga: Jelang SNMPTN 2022, Ini 10 Jurusan Sepi Peminat di Undip

Armandi menekankan, pentingnya untuk diperhatikan agar para pencari kerja harus memastikan bodi email dan format dokumen yang dikirim.

"CV sebaiknya memperhatikan penyampaian data diri. Pastikan mudah untuk dilihat, kontennya mudah dimengerti dan memiliki nilai jual. Urutkan dari yang paling rumit ke yang paling simple, dan desain," ungkap Armando Radityawan seperti dikutip dari laman UNS, Kamis (9/12/2021).

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.