Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Besar IPB: "Rebranding" Tempe Perlu Dilakukan

Kompas.com - 02/12/2021, 13:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Guru Besar Teknologi Pangan IPB, Prof Made Astawan mengatakan, peran organisasi nirlaba penting untuk menggerakkan industri tempe di Indonesia.

Misalnya Forum Tempe Indonesia yang didirikan sejak tahun 2008 memiliki misi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap tempe sebagai komoditas andalan, terutama dalam perspektif budaya, bisnis, dan kesehatan.

Baca juga: Ke IPB, UNP Siapkan Diri Jadi PTN-BH di 2022

Menurut dia, edukasi tempe sebagai warisan budaya Indonesia kepada masyarakat penting.

Agar tempe dapat dihargai sebagai produk kesehatan dan dapat diapresiasi dengan harga yang pantas. Maka tempe harus diyakinkan sebagai produk yang menyehatkan.

"Rebranding tempe kepada generasi muda juga penting karena sebagian besar anak muda tidak terlalu peduli dengan produk asli bangsanya. Alasannya karena tempe dianggap 'jadul' dan murah. Sehingga penting untuk mendorong kegiatan yang dapat membangun semangat anak muda untuk mau menghargai tempe," kata dia melansir laman IPB, Kamis (2/12/2021).

Dia menambahkan pendirian Rumah Tempe Indonesia (RTI) yang diresmikan 6 Juni 2012 bertepatan dengan hari Tempe Nasional juga memiliki peran dalam industri tempe.

RTI menjadi percontohan dan pusat pembelajaran bagi anggota Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (KOPTI) dan masyarakat luas tentang cara produksi tempe yang higenis menurut GMP (Good Manufacturing Process).

"Konsep RTI bahkan telah diadopsi dan diduplikasi di 29 provinsi," jelas dia

Dia mengaku, keberadaan RTI juga menarik minat pihak asing untuk berkunjung dan belajar membuat tempe.

Baca juga: Guru Besar UGM: Virus Covid-19 Serang Saluran Pencernaan

Tempe segar RTI didistrubsikan ke berbagai supermarket besar di Indonesia dengan label tempe sehat. Tempe tersebut dijual dengan harga lumayan tinggi daripada pasar tradisional.

"Artinya tempe bila diproduksi dengan cara yang higienis dan terbukti itu higienis maka akan bisa kita jual di modern market dengan harga yang pantas," ungkap dia.

Dia menjelaskan, sebagian besar bahan baku tempe merupakan kedelai impor. Peluang kacang-kacangan lokal sebagai pengganti kedelai yang kaya akan lisin sebenarnya sangat menjanjikan.

Dia menilai pada dasarnya setiap jenis kacang bisa saja diolah sebagai tempe.

"Melihat perkembangan produk tempe di luar negeri juga sudah sangat pesat. Indonesia seharusnya tidak boleh kalah saing," ucap dia.

Dia mengatakan, Indonesia masih harus berbenah terutama pada pengemasannya karena dinilai kurang menarik bagi calon konsumen.

Terlebih adanya peluang meningkatnya permintaan tempe sebagai makanan vegetarian dan pangan fungsional oleh masyarakat dunia.

Dia menambahkan, tempe dapat dikenalkan kepada dunia sebagai superfood. Dukungan teknologi produksi dan pengemasan juga membuka peluang untuk peningkatan ekspor tempe.

Baca juga: Pakar IPB Beri Ulasan tentang Bahaya Ular

"Potensi pasar tempe saat ini, tidak hanya pada skala nasional, tetapi juga di tingkat regional dan global. Apalagi dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang semakin terbuka," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com