Kompas.com - 02/12/2021, 13:02 WIB
Rektor Universitas Jember Iwan Taruna saat dikonfirmasi di lantai III gedung rektorat Kompas.com/Bagus SupriadiRektor Universitas Jember Iwan Taruna saat dikonfirmasi di lantai III gedung rektorat
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Jember mengukuhkan tiga guru besar baru pada Sabtu (27/11/2021) secara luring terbatas di gedung auditorium dan daring.

Mereka adalah Guru Besar Linguistik Terapan Prof. Hairus Salikin, Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris Prof. Budi Setyono, dan Guru Besar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah Prof. A.T. Hendra Wijaya.

Baca juga: Selama Pandemi Covid-19, UMY Lahirkan 7 Guru Besar

"Tambahan 3 guru besar ini menjadi Universitas Jember kini memiliki 53 guru besar," kata Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna melansir laman Unej, Kamis (2/12/2021).

Rektor Iwan menyatakan syukur dan bangga atas pengukuhan bagi tiga profesor baru.

Sebab, penambahan guru besar baru ini diharapkan dapat mendorong pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Jember lebih baik lagi.

Kedua, keberadaan guru besar baru ini bakal menjadi trigger bagi kolega dosen lainnya untuk turut terpacu berusaha mencapai jabatan fungsional tertinggi bagi dosen.

"Namun perlu diingat jabatan guru besar bukanlah akhir, tetapi justru awal tahapan baru sebab masyarakat akan menunggu kiprah para guru besar dalam turut menyelesaikan permasalahan yang ada," ucap Iwan Taruna.

Iwan Taruna menegaskan, Universitas Jember akan terus berusaha memfasilitasi dan mendorong para dosen agar mampu meraih jabatan guru besar.

Salah satunya melalui program hibah penelitian dan penulisan jurnal terakreditasi bagi dosen melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M).

"Saat ini Universitas Jember memiliki 53 guru besar, di mana tiga guru besar masih menunggu waktu untuk dikukuhkan. Dan ada sebelas orang dosen yang pengajuan jabatan guru besarnya masih berproses di Kemendikbud Ristek," jelas Iwan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.