Kompas.com - 30/11/2021, 16:19 WIB
Ilustrasi saluran pencernaan pada tubuh manusia. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi saluran pencernaan pada tubuh manusia.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM, Prof. R. Wasito mengatakan, virus Covid-19 terus akan mengalami mutasi sehingga memunculkan varian baru seperti adanya varian Delta dan Omicron.

Mutasi virus tersebut bisa terjadi di semua negara dimana virus Covid-19 itu pernah terdeteksi.

Baca juga: Pakar UGM: Belum Ada Bukti Varian Omicron Lebih Menular dari Delta

Sebab, menurut dia, virus yang berasal dari kelelawar ini sudah mengalami ribuan mutasi dalam tubuh kelelawar, sehingga mampu menular ke manusia dan kini sudah antar manusia.

Di kelelawar, sebut dia, sudah terjadi mutasi yang berulang-ulang, sehingga dulu bisa menyebabkan Sars dan Mers.

"Saat ini, masih dicari kenapa bisa terjadi mutasi berulang sampai beribu kali dalam sirkulasi darah dan dalam sel jaringan kelelawar yang kini masih menjadi misteri, tapi tidak semua kelelawar memiliki Covid-19," ungkap dia melansir laman UGM, Selasa (30/11/2021).

Berbeda dengan penelitian yang dilakukannya sejak 1988 tentang virus Covid-19 pada hewan ternak besar, unggas dan hewan kecil, Wasito menuturkan awalnya virus ini tidak menular ke manusia.

Namun, setelah mengalami banyak mutasi di kelelawar akhirnya bisa menular ke manusia.

Meski begitu, gejala yang ditimbulkan bagi hewan yang terinfeksi virus Covid-19 adalah umumnya memang menyerang saluran pernafasan tetapi tidak sedikit juga menyerang saluran pencernaan pada hewan.

Baca juga: 2 Orang Ini Rentan Kena TBC Menurut Dokter RSA UGM

Gejala terpapar virus Covid -19 pada manusia yang lebih banyak menyerang saluran pernafasan dengan muncul batuk dan pilek hingga gangguan pernafasan.

Dia menduga tidak menutup kemungkinan virus Covid-19 menyerang saluran pencernaan dengan munculnya diare akut, seperti halnya yang terjadi pada hewan terpapar virus Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.