Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Kampus Merdeka, UNJ Gelar Koordinasi Program Permata Merdeka Mandiri

Kompas.com - 15/11/2021, 20:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Permata Merdeka merupakan program pertukaran mahasiswa tanah air guna mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.

Terkait program ini, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memberikan dukungan melalui Program Permata Merdeka Mandiri UNJ.

Rektor UNJ, Prof. Komarudin menyampaikan, sangat penting untuk mengkoordinasikan sistem MBKM yang digaungkan Mas Menteri lewat evaluasi program, koordinasi pelaksanaan kerja sama permata mandiri semester genap tahun 2021/2022 yang digelar pada 

Selain evaluasi, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan rencana penggunaan Application Programming Interface (API) dengan portal permata mandiri dengan masing-masing sistem informasi masing-masing perguruan tinggi.

Acara evaluasi dilaksanakan pada 15 November 2021 secara hybrid melalui daring dan luring. Kegiatan luring diadakan di Aula Latief Kampus A UNJ, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, sedangkan secara daring melalui Zoom.

Prof. Suyono, Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ menyampaikan dalam laporannya, kegiatan tersebut ialah koordinasi dan kerja sama program Permata Mandiri.

"Peran UNJ dalam hal ini ialah memfasilitasi, karena letak UNJ yang berada di Ibu Kota. UNJ sendiri terlibat dalam program ini pada tahun 2020," ungkap Prof. Suyono.

Lebih lanjut Prof. Suyono menambahkan, pada tahun dan semester genap ini, UNJ menerima mahasiswa inbond sebanyak 179 dari 17 perguruan tinggi di Indonesia dan mengirimkan 238 ke 22 perguruan tinggi di Indonesia.

Kemudian pada semester ganjil ini yang sedang berjalan, UNJ menerima 36 mahasiswa inbond dari 5 perguruan tinggi di Indonesia dan mengirimkan mahasiswa outbond sebanyak 164 ke 8 perguruan tinggi di Indonesia.

Baca juga: Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual, Ini 4 Tujuan Permen PPKS

"Memang semester ini berbarengan dengan permata dalam negeri. Harapannya semester depan pertukaran mahasiswa dapat lebih banyak lagi, dengan jumlah perguruan tinggi yang undang pun semakin banyak," tambah Prof. Suyono.

Rektor UNJ, Prof. Komarudin berharap kepada Andi Ilham Mahmud, Ketua Pokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka untuk berbagi pencerahan, terutama untuk pencatatan IKU 2 sehingga terjadi keselarasan antara sistem informasi di kementerian dan perguruan tinggi masing-masing.

“Dengan melakukan evaluasi dan koordinasi ini, Saya yakin akan memberikan manfaat yang besar. Mari kita majukan bersama program permata mandiri ini demi memajukan pendidikan Indonesia bersama,” tutup Prof. Komarudin dalam sambutan.

Selain Rektor UNJ, acara juga dihadiri oleh para wakil rektor UNJ, ketua lembaga UNJ, kepala UPT dan kantor, kepala divisi dan tim pengembang wakil rektor I.

Sementara dari non-UNJ dihadiri perwakilan undangan para wakil rektor I bidang akademik yang tergabung dalam Program Permata Merdeka Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com