Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tahun Teliti Bahan Jalan, Akhirnya Dosen UMY Raih Dua Penghargaan

Kompas.com - 11/11/2021, 16:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Penelitian yang dilakukan dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.,Eng.,Ph.D.,PE., selama 12 tahun akhirnya membuahkan hasil manis.

Bahkan dia berhasil mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Penelitian tentang bahan jalan ini mendapat penghargaan medali emas dalam ajang Asia International Innovation Exhibition.

Serta penghargaan medali perak dalam International Innovation Competition di Malaysia pada Oktober-November 2021.

Baca juga: Akhirnya, UMY Miliki Guru Besar Perempuan Pertama

Penelitian kolaborasi dengan beberapa kampus

Menurutnya, ini merupakan penelitian kolaborasi dengan Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Pertahanan Nasional Malaysia, dan Politeknik Semarang dan sudah berjalan selama 12 tahun.

Ini juga merupakan kerja tim kolaborasi penelitian yang mengusung penelitian tentang sustainable asphalt mixtures untuk perkerasan jalan.

"Selama 12 tahun kami terus lakukan penelitian berkaitan dengan bahan jalan dan beberapa topik lainnya, dan beberapa kerjasama penelitian tersebut kami juga terbitkan di jurnal internasional," terang Sri Atmaja dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/11/2021).

Direktur Pascasarjana UMY ini juga menjelaskan mengenai kompetisi inovasi yang diikuti bahwa penilaian yang diambil berdasarkan kebaharuan, hasil penelitian, serta memiliki unsur dalam sustainable development goals.

Pada penelitian yang diajukan, terkait ‘Bio-Asphalt For The Roads of The Future’ ini bagaimana dia dan timnya meluncurkan beberapa konsep terkait dengan material bahan jalan yang lebih berkelanjutan serta ramah lingkungan dan sesuai dengan goalnya SGD’s.

"Oleh karena itu, dari hasil penelitian serta produk ini nanti harapannya dapat mengurangi atau mereduksi kerusakan lingkungan," tambahnya.

Baca juga: Tips UMY: Ini 4 Cara agar Semangat Seharian Usai Bangun Pagi

Dia menuturkan bahwa dalam persiapan kompetisi inovasi ini juga merupakan rangkuman penelitian kolaborasi yang sudah dilakukan bersama dengan tim.

"Beberapa judul penelitian yang sudah kami tulis bersama dalam jurnal internasional bereputasi kami kumpulkan dan kami rangkum untuk disajikan dalam kompetisi inovasi dan kita pamerkan," katanya.

Bakal terus dilanjutkan

Selanjutnya, Sri menegaskan bahwa penelitian yang dilakukan tidak putus di kompetisi namun harapannya bisa memperdalam penelitian hingga adanya riset industri.

Sebab, penelitian ini masih berupa skala alat, atau skala percobaan empiris sehingga perjalanan penelitian masih panjang dan harapannya dapat dilanjutkan di kajian yang lebih mendalam serta bisa dibawa ke riset industri.

Dalam inovasi penelitian bersama timnya ini, berikut judul-judul penelitian kolaborasi yang sudah dilakukan Sri Atmaja berkaitan tentang bahan jalan, seperti:

1. "Engineering characteristics of nanosilica/polymer-modified bitumen and predicting their rheological properties using multilayer perceptron neural network model"

2. "The use of mixed waste recycled plastic and glass as an eggregate in asphalt mixtures"

Baca juga: 41 Mahasiswa Asing dari 18 Negara Siap Kuliah di UMY

3. "Effects of rediset on the adhesion, stripping, thermal and surface morphologies of PG76 binder" dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com