Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2021, 12:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Beasiswa Bank Indonesia merupakan salah satu jalur yang bisa ditempuh mahasiswa untuk mendapatkan pembiayaan kuliah secara penuh.

Program Beasiswa Bank Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 2011, pada tahun 2021 diperluas tak hanya untuk jenjang S1 namun juga D4 untuk mahasiswa di PTN, PTS, dan Politeknik yang memiliki Perjanjian Kerja Sama dengan Bank Indonesia.

Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa yang ingin menggali lebih dalam tentang beasiswa Bank Indonesia, Kementerian Sosial dan Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM Unair) menyelenggarakan Scholarship Webinar.

Baca juga: 3 Beasiswa Penuh S1-S2 dari Pemerintah, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Awardee Bank Indonesia Unggulan Scholarship, yang menjadi narasumber mengatakan bahwa beasiswa Bank Indonesia tidak hanya memberikan biaya kuliah, mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima Beasiswa BI juga mendapatkan uang saku.

Ia menjelaskan, Beasiswa Bank Indonesia memiliki dua jenis yakni beasiswa reguler dan beasiswa unggulan. Adapun perbedaan dari kedua beasiswa tersebut, lanjutnya, adalah pada nominal dan persyaratan yang harus dipenuhi.

“Untuk beasiswa unggulan terdapat tambahan persyaratan berupa tes TOEFL dan beberapa ketentuan yang berbeda dengan beasiswa Bank Indonesia reguler,” tuturnya seperti dilansir dari laman Unair, Kamis (11/11/2021).

Mandala menyebutkan, ada tiga tahapan yang harus dilewati para pejuang Beasiswa Bank Indonesia.

Tahap pertama adalah tahap seleksi administrasi. Pada tahap ini, mahasiswa harus menyiapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan seperti motivation letter, surat rekomendasi, dan life map yang realistis selama lima tahun ke depan.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU Tahap II 2021

“Tahapan selanjutnya adalah seleksi wawancara dengan petinggi Bank Indonesia mengenai kontribusi selama di bangku kuliah hingga motivasi mengikuti scholarship. Dan yang terakhir adalah tahap pengumuman hasil,” jelasnya.

Selain itu, ada beberapa persiapan yang ia lakukan untuk mendaftar Beasiswa Bank Indonesia.

Pertama mahasiswa harus menyiapkan dokumen sejak jauh hari, hindari persiapan administrasi yang mendadak.

Kemudian mahasiswa menyusun surat motivasi yang menarik dengan banyak melakukan konsultasi kepada dosen atau kakak tingkat penerima beasiswa Bank Indonesia.

“Persiapan ketiga adalah mencari surat rekomendasi ke orang yang tepat seperti dosen atau orang penting dalam pendidikan. Mahasiswa juga harus menyiapkan life map dengan tepat dan rinci serta realistis,” lanjutnya.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Sesuaikan Juklak KIP Kuliah, Ini Perubahannya

Dengan menjadi awardee Bank Indonesia Scholarship, mahasiswa dapat langsung bergabung dalam Komunitas Generasi Baru Indonesia (GENBI). Di komunitas ini, mahasiswa bisa mengikuti berbagai kegiatan menarik, seperti pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, dan pelatihan soft skill lainnya.

“Mahasiswa akan berkesempatan mengikuti program menarik dari Bank Indonesia khusus untuk awardee dan membantu biaya pendidikan,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com