Kompas.com - 09/11/2021, 15:32 WIB
Ilustrasi korban kekerasan. Kekerasan dalam hubungan, toxic relationship, hubungan beracun, relationship abuse. SHUTTERSTOCKIlustrasi korban kekerasan. Kekerasan dalam hubungan, toxic relationship, hubungan beracun, relationship abuse.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Adanya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di perguruan tinggi bertujuan agar tidak ada lagi tindak kekerasan seksual di lingkungan kampus.

Pembentukan Permen ini juga menjadi wujud nyata Kemendikbud Ristek untuk mencegah terjadinya tiga dosa besar dunia pendidikan yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Setelah ditetapkan 31 Agustus 2021 lalu, Permendikbudristek ini akan disosialisasikan lebih luas kepada publik sebagai Merdeka Belajar Episode Keempat Belas: Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual.

Baca juga: Orangtua, Ini 6 Tips Membiasakan Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

8 prinsip dalam Permendikbudristek Nomor 30

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam mengatakan, tujuan utama peraturan ini adalah memastikan terjaganya hak warga negara atas pendidikan, melalui pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan pendidikan tinggi.

"Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 hadir sebagai langkah awal kita untuk menanggapi keresahan mahasiswa, dosen, pimpinan perguruan tinggi, dan masyarakat tentang meningkatnya kasus kekerasan seksual di perguruan tinggi kita," terang Nizam dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Perlu diketahui, dalam Permen PPKS ini memiliki 8 prinsip pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, yakni:

Baca juga: Orangtua, Ini 6 Tips Membiasakan Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

1. Kepentingan terbaik bagi korban

2. Keadilan dan kesetaraan gender

3. Kesetaraan hak dan aksebilitas bagi penyandang disabilitas

4. Akuntabilitas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.