Kompas.com - 09/11/2021, 11:41 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang, menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah menjadi protokol kesehatan (prokes) wajib.

Bagi orang dewasa, menggunakan masker tentu menjadi hal mudah karena sudah paham hal itu wajib dilakukan dan paham konsekuensi yang bisa terjadi.

Namun bagi sebagian anak-anak, menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah bisa merasa risih atau bahkan ada yang menolak menggunakan masker karena tidak terbiasa.

Merangkum dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (8/11/2021), membagikan tips membiasakan anak memakai masker saat keluar rumah. 

Baca juga: Keren, Mahasiswi Unej Wakili Indonesia di Ajang Miss Eco Teen 2021

Tips membiasakan anak memakai masker

Kemendikbud Ristek menyampaikan, protokol kesehatan wajib diikuti oleh seluruh masyarakat, termasuk anak-anak pada usia tertentu. Membiasakan anak menggunakan masker tentu tidak mudah, namun perlu dilakukan agar anak tetap terlindungi dari Covid-19.

Tentu ada orangtua yang ingin tahu bagaimana cara membiasakan anak menggunakan masker ketika keluar rumah? Yuk simak bersama informasi dari Kemendikbud Ristek berikut ini.

1. Memberikan penjelasan sederhana

Orangtua bisa menjelaskan mengapa wajib masker namun dengan cara yang tidak menakutkan bagi anak. Ini contoh kalimat yang bisa digunakan orangtua: "Kita pakai masker agar kita tetap sehat".

2. Kenalkan masker melalui metode bermain

Bermain peran dapat membantu anak terbiasa memakai masker. Begini contoh kalimat yang bisa disampaikan ke anak: "Ayo kita main di toko mainan! Tapi tunggu sebentar ya, ibu harus bersiap-siap dan mengambil masker".

Baca juga: PT Riung Mitra Lestari Buka Lowongan Kerja Lulusan S1/D4, Ayo Daftar

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.