Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UM Surabaya Masuk Top 10 Universitas Terbaik Se-Surabaya Versi UniRank

Kompas.com - 07/11/2021, 12:53 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hasil pemeringkatan universitas terbaik selalu menjadi topik perbincangan hangat di masyarakat.

Apalagi jika sebuah perguruan tinggi bisa masuk dalam daftar pemeringkatan internasional, hasil itu bisa menjadi pertimbangan calon mahasiswa dalam memilih kampus.

Saat ini ada banyak lembaga pemeringkatan yang rutin melakukan penilaian terhadap universitas-universitas yang ada di seluruh dunia.

Salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi di seluruh dunia yakni 4 International College & Universities (4ICU) UniRank.

Baca juga: Begini Praktik Baik PTM Terbatas Jenjang PAUD di Aceh dan Trenggalek

Masuk 10 besar universitas terbaik di Surabaya versi 4ICU

4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website suatu perguruan tinggi.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan Indonesia University Ranking UniRank Oktober 2021, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) berhasil meraih prestasi dengan masuk 10 universitas terbaik di Surabaya. 

Tahun sebelumnya, UM Surabaya berada di posisi 87. Melansir dari laman https://www.4icu.org, UM Surabaya berada di peringkat 16 universitas terbaik di Jawa Timur.

Sedangkan untuk wilayah Surabaya, UM Surabaya berada di peringkat ke-9. Kenaikan yang cukup fantastis menurut survei lembaga yang dirilis berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi. UM Surabaya tahun ini berhasil masuk sepuluh besar universitas terbaik di Surabaya.

Baca juga: Mahasiswa, Pahami Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi

Terus tingkatkan kinerja

Rektor UM Surabaya Sukadiono menanggapi positif hasil rilis dari UniRank 2021 tersebut. Menurutnya, UM Surabaya layak memperoleh nominasi ini, berkat usaha universitas dalam meningkatkan kualitas dalam segala aspek.

"Terimakasih kepada seluruh civitas akademika UM Surabaya atas semua kerja keras selama ini, sehingga UM Surabaya menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Surabaya," papar Sukadiono seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Minggu (7/11/2021).

Baca juga: Flu Burung Tak Menular Antar Manusia, Ini Penjelasan Guru Besar UGM

Sukadiono mengingatkan hasil yang diperoleh UM Surabaya jangan membuat berpuas diri. Namun terus tingkatkan kinerja dan bersama-sama mewujudkan UM Surabaya menjadi yang terbaik dan diperhitungkan di skala global.

"Saya berharap agar prestasi ini menjadi acuan bagi seluruh civitas akademika agar sama-sama bersinergi dan terus berkarya agar semakin banyak capaian yang diraih," imbuh Sukadiono.

UM Surabaya berhasil masuk sepuluh besar untuk reputasi penilaian berdasarkan sebelas indikator utama kinerja universitas yang mencakup kedudukan akademik, kelayakan kerja lulusan.

Baca juga: Siswa, Ketahui Ragam Tarian dari Jawa Barat dan Sejarah Singkatnya

Selain itu juga kualitas dan produktivitas penelitian, internasionalisasi kampus dan keragaman kolaborasi internasional masing-masing institusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com