Kompas.com - 20/10/2021, 08:17 WIB
Ilustrasi Kuliah Dok. JobplanetIlustrasi Kuliah
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terus berupaya melakukan pemerataan pendidikan bagi semua siswa.

Salah satunya yakni dengan adanya program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Melalui program ini, Kemendikbud Ristek membantu keinginan para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Namun penerima program KIP-K juga mempunyai beberapa tanggung jawab yang harus dijalankan selama mengenyam pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memberikan sosialisasi kepada mahasiswa baru penerima program KIP-K tersebut.

Hal yang disampaikan tidak hanya sekadar informasi tentang berbagai ketentuan KIP-K, tetapi sekaligus juga menegaskan bahwa mahasiswa penerima harus ingat tanggung jawab serta mampu menjadi generasi inovatif dan berpretasi.

Baca juga: Kisah Mahasiswi Asal NTT, Semangat Kuliah untuk Membangun Daerah Asal

Undiksha terima 715 mahasiswa penerima KIP-K

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. I Wayan Suastra menerangkan, program nasional ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun keluarga karena dapat meringankan beban ekonomi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses seleksi untuk mendapatkan KIP-K sangat ketat. Undiksha menerima 715 orang yang lolos sebagai penerima KIP-K di tahun 2021.

"Mahasiswa mendapatkan biaya setiap bulan. Ini luar biasa, mahasiswa diberikan bantuan yang orang lain belum tentu dapat karena pelamarnya banyak sekali," terang Prof. I Wayan Suastra seperti dikutip dari laman Undiksha, Selasa (19/10/2021).

Wakil Rektor Undiksha menekankan, proses perkuliahan mahasiswa penerima akan terus dipantau. Mereka harus punya tanggung jawab terhadap kegiatan-kegiatan di kemahasiswaan.

"Kalau sampai saya lihat, saya amati, saya catat tidak pernah menghadiri kegiatan tanpa pemberitahuan beberapa kali, sampai tiga kali. Nanti akan saya beri catatan tahun depan tidak akan kami lanjutkan," tegasnya.

Baca juga: Dosen USD: Orangtua Perlu Pahami Karakteristik Tumbuh Kembang Anak

Harus selesaikan studi tepat waktu

Sebagai penerima KIP-K, beasiswa yang terbilang cukup besar tiap semesternya. Sehingga mahasiswa harus memiliki komitmen dan tanggung jawab. Terutama menyelesaikan studi tepat waktu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.