Kompas.com - 16/10/2021, 11:45 WIB
Ilustrasi asam urat ThamKCIlustrasi asam urat
|

KOMPAS.com - Pola hidup yang tidak sehat bisa mendatangkan beberapa penyakit. Salah satu yang biasa diderita orang adalah penyakit asam urat.

Asam urat disebabkan karena sering makan makanan yang berzat purin tinggi seperti jeroan hewan, hidangan laut, dan daging merah.

Penyakit asam urat memang bisa disembuhkan baik dengan obat herbal maupun secara medis.

Namun penggunaan salah satu obat menurunkan kadar asam urat seperti Allopurinol masih memiliki efek samping dalam proses penyembuhannya.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mata, Seperti Ini Rekomendasi Screen Time pada Anak

Obat alternatif sakit asam urat

Hal itulah yang melatarbelakangi tim mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat alternatif obat dari ekstrak kulit kacang tanah. Gagasan ini dituangkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PKM dengan judul 'Perbandingan Pengaruh Pemberian Ekstrak Kulit Kacang Tanah dan Allopurinol Terhadap Kadar Asam Urat Tikus Putih Jantan Galur Wistar Model Hiperurisemia' ini berhasil meraih juara tiga pada Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) tingkat nasional. 

Ketua tim Widyawati Glentam menjelaskan, penelitian ini sudah dilakukan sejak Agustus 2021 silam. Sesuai dengan judulnya, penelitian masih berada pada tahap hewan coba.

Dalam percobaan tersebut, mereka membuat tikus menderita asam urat terlebih dahulu. Kemudian diberi obat yang terbuat dari ekstrak terkait. Efeknya pun sesuai dengan harapan yakni dapat menyembuhkan tikus percobaan.

"Berhubung penelitian ini baru pada tahap uji coba pada hewan, sehingga obat ini masih belum bisa digunakan oleh manusia," kata Widyawati seperti dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Viral Foto Wisudawan ITS di Makam Orangtua, Begini Kisah Sebenarnya

Kandungan flavonoid pada kulit kacang tanah

Dia mengungkapkan, dalam kulit kacang tanah, terdapat kandungan flavonoid. Zat tersebut berfungsi untuk mencegah bakteri sekaligus mampu menyembuhkan dari infeksi virus terkait.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.