Penutupan FIKSI 2021, Nadiem Makarim: Masa Transisi Harus Diisi Keyakinan dan Optimisme

Kompas.com - 16/10/2021, 09:23 WIB
Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia atau FIKSI 2021 yang telah berlangsung sejak 12 Oktober 2021 secara resmi telah ditutup Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada Jumat, 15 Oktober 2021. DOK. PUSPRESNASFestival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia atau FIKSI 2021 yang telah berlangsung sejak 12 Oktober 2021 secara resmi telah ditutup Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada Jumat, 15 Oktober 2021.

KOMPAS.com - Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia atau FIKSI 2021 yang telah berlangsung sejak 12 Oktober 2021 secara resmi telah ditutup Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada Jumat, 15 Oktober 2021.

Mendikbud Nadiem Makarim dalam penutupan acara mengingatkan kepada para siswa agar masa transisi harus diisi dengan keyakinan dan optimisme ke depan.

"Kita harus percaya diri dengan ide-ide kreatif yang kita miliki serta terus mengejar ketertinggalan dengan semangat terus berinovasi," pesan Mas Menteri kepada peserta FIKSI 2021.

Ia juga mengingatkan hal lain yang tidak kalah penting yakni jiwa sosial dan tekad berkontribusi. "Kreativitas yang kita miliki perlu diimbangi dengan jiwa sosial yang tinggi sebab pembangunan berkelanjutan menjadi tujuan kita bersama," ujarnya.

Ia menilai tingkat kemajuan sebuah bangsa tidak hanya dilihat dari pembangunan infrastruktur melainkan juga kualitas manusia. 

"Inovasi yang adik-adik cetuskan hari ini adalah kekuatan kita untuk membangun Indonesia tumbuh dan tangguh di masa depan," pungkas Mendibud Ristek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

FIKSI merupakan salah satu ajang talenta yang sejak semula bertujuan menjadi medan kreatifitas para siswa SMA/SMK/MA-sederajat di bidang kewirausahaan.

Untuk FIKSI SMA, tema yang diambil tahun ini adalah "Dare to Start; Create the Future! Jejaring Cerdas untuk Masa Depan yang Tangguh”, sedangkan untuk siswa SMK yaitu "Vokasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Persaingan Global".

Baca juga: Buka FIKSI 2021, Sandiaga Uno Ajak Siswa Jadi Garda Depan Ekonomi lewat Wirausaha

Lahirkan usahawan muda untuk Indonesia Maju

Dalam kesempatan sama, Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto juga mengajak peserta untuk terus bersemangat membangun ekosistem kewirausahaan di kalangan pelajar.

Wikan mengajak siswa untuk melihat penutupan FIKSI 2021 bukan sebagai tujuan akhir melainkan menjadi salah satu capaian untuk langkah-langkah hebat untuk menjadi entrepreneur dan pemimpin masa depan. 

"Generasi yang berjiwa entrepreneur seperti kalian itu yang bisa melihat dan memanfaatkan peluang. Sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi kita tengah menuju ekonomi dan industri 4.0 dan untuk menghadapi hal ini, kalian menjadi garda di depan akan menjadi pemimpin kita," ungkap Wikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.