Kompas.com - 16/10/2021, 09:27 WIB
Ilustrasi Program Studi Teknik Elektro DOK. Humas Universitas BSIIlustrasi Program Studi Teknik Elektro

KOMPAS.com – Jurusan Teknik Elektro sangat jarang ditemukan dalam daftar jurusan perguruan tinggi favorit para calon mahasiswa saat ini. Padahal, sebenarnya lulusan Jurusan Teknik Elektro masih banyak dicari perusahaan.

Untuk diketahui, Teknik Elektro adalah bidang ilmu yang mempelajari listrik beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik Elektro akan membahas konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik serta elektronik.

Tak hanya itu, Jurusan Teknik Elektro juga mengajarkan mahasiswa tentang metode pembangkit listrik dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

Baca juga: Ingin Kuliah Jurusan Bahasa? Ini 4 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja

Alasan memilih Jurusan Teknik Elektro

Kebutuhan ahli teknik elektro di dunia kerja masih tergolong tinggi. Sebab, seseorang dengan kualifikasi pendidikan teknik elektro dibutuhkan pada hampir semua lini industri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, sampai bio engineering.

Umumnya, lulusan Jurusan Teknik Elektro banyak dibutuhkan perusahaan untuk menangani berbagai persoalan listrik dan sistem peralatan elektronik, termasuk membangun sistem distribusi tenaga listrik.

Coba perhatikan, perusahaan mana yang saat ini tidak membutuhkan listrik? Tentu semua kegiatan operasional perusahaan membutuhkan listrik, bukan?

Selain menjadi pekerja yang menangani masalah listrik di perusahaan, lulusan teknik elektro juga bisa menjadi peneliti yang melakukan eksperimen di laboratorium.

Baca juga: Lulusan 8 Jurusan Kuliah Ini Berpeluang Gaji Besar, Ada Jurusan Kamu?

Salah satu kegiatan peneliti di laboratorium adalah melakukan serangkaian tes terhadap desain baru dari suatu penemuan di bidang rekayasa teknik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.