Kompas.com - 11/10/2021, 19:15 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi bagi sebagian calon mahasiswa menjadi suatu keputusan yang sulit.

Mereka bisa saja merasa galau karena belum juga menentukan jurusan kuliah yang tepat. Menentukan jurusan yang tepat sangatlah penting.

Pasalnya hal itu berkaitan dengan semangat menjalani studi hingga prospek kerja setelah lulus. Tak sedikit pula mahasiswa terpaksa tidak melanjutkan studi karena merasa tidak cocok atau menyerah di tengah jalan dengan jurusan pilihannya.

Agar tidak salah memilih jurusan kuliah, perlu banyak pertimbangan. Calon mahasiswa bisa berkonsultasi dengan guru, bertanya kepada kakak kelas atau saudara atau banyak mencari informasi melalui internet.

Baca juga: Agar Anak Tumbuh Sehat, Orangtua Bisa Lakukan 4 Cara Ini

Saat menentukan jurusan, calon mahasiswa harus memahami dahulu bakat dan minat serta kemampuan dalam dirinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu juga perlu berdiskusi dengan orangtua terkait pilihan jurusanmu karena berkaitan dengan biaya pendidikan yang perlu disiapkan.

Setelah mengetahui hal tersebut, diharapkan bisa membantu calon mahasiswa dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Apalagi sebentar lagi seleksi masuk perguruan tinggi akan diselenggarakan, sehingga lebih baik calon mahasiswa sudah menentukan pilihan dari sekarang.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, Senin (11/10/2021), calon mahasiswa tidak boleh memilih jurusan dengan asal-asalan. Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam pemilihan jurusan.

Baca juga: Wisudawan Tertua ITS, Tetap Semangat Menuntut Ilmu di Usia 59 Tahun

1. Memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat.

2. Memilih jurusan karena pilihan orangtua.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.