Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Hindari Kesalahan Ini Saat Memilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 11/10/2021, 19:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi bagi sebagian calon mahasiswa menjadi suatu keputusan yang sulit.

Mereka bisa saja merasa galau karena belum juga menentukan jurusan kuliah yang tepat. Menentukan jurusan yang tepat sangatlah penting.

Pasalnya hal itu berkaitan dengan semangat menjalani studi hingga prospek kerja setelah lulus. Tak sedikit pula mahasiswa terpaksa tidak melanjutkan studi karena merasa tidak cocok atau menyerah di tengah jalan dengan jurusan pilihannya.

Agar tidak salah memilih jurusan kuliah, perlu banyak pertimbangan. Calon mahasiswa bisa berkonsultasi dengan guru, bertanya kepada kakak kelas atau saudara atau banyak mencari informasi melalui internet.

Baca juga: Agar Anak Tumbuh Sehat, Orangtua Bisa Lakukan 4 Cara Ini

Saat menentukan jurusan, calon mahasiswa harus memahami dahulu bakat dan minat serta kemampuan dalam dirinya.

Kamu juga perlu berdiskusi dengan orangtua terkait pilihan jurusanmu karena berkaitan dengan biaya pendidikan yang perlu disiapkan.

Setelah mengetahui hal tersebut, diharapkan bisa membantu calon mahasiswa dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Apalagi sebentar lagi seleksi masuk perguruan tinggi akan diselenggarakan, sehingga lebih baik calon mahasiswa sudah menentukan pilihan dari sekarang.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, Senin (11/10/2021), calon mahasiswa tidak boleh memilih jurusan dengan asal-asalan. Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam pemilihan jurusan.

Baca juga: Wisudawan Tertua ITS, Tetap Semangat Menuntut Ilmu di Usia 59 Tahun

1. Memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat.

2. Memilih jurusan karena pilihan orangtua.

3. Memilih jurusan karena ikut-ikutan teman.

4. Memilih jurusan karena anak jurusan tersebut bisa menjadi anak hits.

5. Memilih jurusan yang tidak bisa dijangkau alias tidak sesuai dengan kemampuan diri sendiri.

6. Memilih jurusan H-1 penutupan pendaftaran.

Baca juga: Rektor: Mahasiswa ITB Jadi Duta Prokes Saat Ikuti PTM di Kampus

Itulah kesalahan yang perlu dihindari dalam menentukan jurusan kuliah. Jika memilih jurusan yang tepat, calon mahasiswa akan mengikuti studi dengan semangat. Harapannya setelah lulus, mahasiswa juga akan memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidang yang diminati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com