Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Anak Tumbuh Sehat, Orangtua Bisa Lakukan 4 Cara Ini

Kompas.com - 11/10/2021, 10:04 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Apalagi menyangkut masalah perkembangan, orangtua pasti ingin memastikan anaknya tumbuh sehat dan cerdas.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua untuk memastikan anaknya tumbuh secara optimal.

Selain masalah asupan makan, menjaga kebersihan dan mendorong anak aktif bergerak juga termasuk upaya memastikan anak bertumbuh dengan sehat.

Jika asupan anak kurang bergizi, hal ini akan menimbulkan berbagai dampak buruk. Mulai dari rentan terkena penyakit hingga kurang bisa berkonsentrasi saat belajar.

Baca juga: Begini Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi ala Dosen Unair

Merangkum dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (10/10/2021), ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak tumbuh sehat. Mari simak bersama informasi dari Kemendikbud Ristek berikut ini.

Cara agar anak tumbuh sehat

1. Memenuhi asupan nutrisi anak

Banyak orangtua yang beranggapan bahwa anak gemuk itu sehat. Padahal anak gemuk belum tentu tercukupi semua kebutuhan nutrisinya. Yang paling penting untuk tumbuh kembang anak adalah tercukupinya kebutuhan gizi anak secara seimbang.

2. Menjaga kebersihan

Anak-anak usia dini biasanya menyentuh apa saja yang dilihat dan ditemukan, padahal beberapa sumber penyakit dapat muncul dari kotoran yang menempel di tubuh anak. Orangtua bisa mencontohkan kebiasaan hidup bersih pada anak.

Dengan terbiasa menerapkan pola hidup bersih sejak kecil, akan membantu anak berupaya menjaga kesehatannya hingga dewasa nanti.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja, Ubah Hobi Jadi Bisnis Beromzet Jutaan

3. Menjaga anak bergerak aktif

Anak-anak memiliki energi yang besar. Oragntua pasti akan dibuat lelah namun anak dan orangtua akan semakin sehat karena aktif bergerak.

4. Mematuhi jadwal imunisasi

Imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seorang terhadap suatu penyakit dengan membantuk antibodi dalam kadar tertentu. Sehingga penting bagi anak mendapatkan imunisasi dasar di Puskesmas maupun rumah sakit.

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan para orangtua untuk memastikan anak tumbuh sehat dari Kemendikbud Ristek. Selain itu, orangtua juga perlu rutin memberikan stimulasi lainnya dan senantiasa memberikan kasih sayang kepada anak.

Baca juga: Dosen UII Jelaskan Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Panik

Sehingga selain anak tumbuh dengan fisik yang sehat, mental anak juga  berkembang dengan baik dengan kasih sayang yang diberikan orangtuanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com